PPP Klaim Sejumlah Elite PAN Nyaman Dukung Ganjar daripada Prabowo

Sekretaris Fraksi PPP Achmad Baidowi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur.

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mengatakan sejumlah elite Partai Amanat Nasional (PAN) nyaman untuk mendukung bakal capres PDIP Ganjar Pranowo maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

"Sejumlah elite PAN juga menyatakan lebih nyaman dengan Pak Ganjar," kata Awiek, tanpa menyebut identitasnya, kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023.

Kendati begitu, Awiek mengatakan PAN sampai saat ini belum menentukan pilihan untuk mendukung Ganjar atau bakal capres lain pada Pilpres 2024. Jika tidak mendukung Ganjar, Awiek menilai bukan masalah. Sebab, PAN memiliki hak politik untuk menentukan pilihannya sendiri pada Pilpres 2024 dengan bakal capresnya.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Ketum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Photo :
  • Dok. PAN

"Tetapi kan sampai sekarang PAN belum memutuskan, ya, kita hormati, kita tunggu. Kalau kemudian PAN ke Prabowo, ya, mau apalagi, wong mereka punya hak politik yang sama untuk menentukan sikap," ujarnya.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkapkan, Partai Gokar, PAN, dan PKB masih pikir-pikir akan bergabung untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. 

Hal itu diungkapkan Megawati saat berpidato di acara puncak perayaan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

Terlihat Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid turut hadir dan menyaksikan langsung puncak perayaan BBK 2023. “Di sini ada tiga (Golkar, PAN, PKB) itu yang saya bilang, ya, katakan, lagi mikar-mikir dulu dah,” kata Megawati.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Puncak Bulan Bung Karno di GBK

Photo :
  • YouTube PDIP

Presiden kelima RI itu mengatakan, PDIP tidak akan memaksa untuk bergabung dalam menyongsong Pemilu 2024. Golkar, PAN, maupun PKB boleh bergabung tetapi tidak pun bukan suatu masalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya