Elektabilitas Prabowo Subianto di Kalangan Pemilih Muda Dinilai Menguat

Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Andri Mardiansyah/VIVA.

Jakarta – Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 semakin menguat dan datang dari kalangan pemilih muda.

Setelah jadi Kader Gerindra, Bobby Nasution Ambil Formulir Bacalon Gubernur Sumut ke 6 Parpol

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengatakan, kaum milenial dan Gen Z merupakan penyumbang terbanyak di Pilpres 2024 mendatang. Lantran itu, Igor menyebutkan, Prabowo Subianto perlu menjaga keterpilihannya di kalangan milenial dan Gen Z.

"Prabowo itu hanya tinggal meningkatkan akseptabilitasnya terhadap pemilih baru, seperti milenial dan Gen Z," ujar Igor dalam keterangannya, Rabu, 12 Juli 2023.

Jokowi soal Bobby Nasution Gabung Gerindra: Sudah Dewasa, Tanggung Jawab Ada di Dia

Berdasarkan data survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023, Prabowo Subianto meraih hasil tertinggi sebanyak 35,8 persen dalam simulasi tiga nama capres yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. 

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal
Bobby Nasution Gabung Gerindra, Elite PDIP: Enggak Ada Urusan

Kemudian jika dilihat lebih dalam, Prabowo unggul di klaster pemilih berumur 22-24 dengan elektabilitas 39,1 persen, Ganjar 24,7 persen dan Anies 28,2 persen dan di klaster pemilih berumur 26-40 tahun Prabowo unggul 39,5 persen.

Igor juga menyarankan Prabowo Subianto untuk terus meningkatkan basis pendukung akar rumputnya di wilayah Pulau Jawa. Meskipun  Prabowo Subianto cukup populer di masyarakat Pulau Jawa, namun meningkatkan akseptabilitas merupakan langkah yang bijak untuk mengamankan elektabilitasnya sebagai capres.

Igor sendiri sangat yakin Prabowo Subianto berpotensi menang Pilpres 2024. Melihat data hasil survei terakhir, Prabowo Subianto selalu konsisten berada di posisi teratas elektabilitas capres 2024.

"Lalu meningkatkan basisnya juga di wilayah Jawa. Prabowo potensinya pasti menang berdasarkan survei itu pasti menang," ujarnya.

Prabowo Subianto bahkan masuk ke dalam Top of Mind Pilihan Presiden versi LSI dengan torehan suara sebanyak 20,0 persen.

Selain itu, Lembaga Survei Jakarta (LSJ) periode 20 hingga 29 Juni 2023 juga menempatkan Prabowo Subianto peraih hasil tertinggi dengan torehan suara sebanyak 40,3% diikuti Ganjar 32,6% dan Anies 20,7%.

Prabowo Subianto juga berhasil unggul dalam hasil Survei Indopol periode 5-11 Juni 2023 di skema tiga kandidat calon presiden denga torehan suara sebanyak 31,21 persen. 

Kemudian dalam hasil survei Political Weather Station (PWS) periode 10-18 Juni 2023, Prabowo Subianto meraih hasil yang sangat tinggi sebesar 40,5 persen, sedangkan Ganjar Pranowo mendapat 33,4 persen dan Anies Baswedan mendapat 20,8 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya