Surya Paloh Bicara Kemungkinan Anies Baswedan Bertemu Presiden Jokowi

Surya Paloh saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bicara kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan bakal capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan. Menurut Surya Paloh, pertemuan keduanya itu bisa saja terjadi menjelang Pilpres 2024.

Jokowi Tunda Penerapan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMKM hingga 2026, Ini Pertimbangannya

Paloh mulanya mengaku belum pernah menawarkan kepada Jokowi untuk pertemuan dengan Anies Baswedan. Namun dia dirinya mendukung bila pertemuan itu terjadi.

"Saya enggak menawarkan [untuk pertemuan], tapi probability ke arah itu bisa saja, dan itu bagus ya. Kemungkinan itu bisa saja, kemungkinan ke arah itu bisa saja," kata Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Selasa, 18 Juli 2023.

Prabowo-Gibran Bahas Kerja Sama hingga Kondisi di Gaza saat Temui Emir dan PM Qatar

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa


Paloh lebih jauh menjelaskan pentingnya suasana Pemilu 2024 yang damai, meski berbeda pilihan. Masyarakat juga mendapat manfaat bila pesta demokrasi berlangsung dengan kesejukan.

Penjelasan Pria yang Nekat Terobos Paspampres untuk Dekati Jokowi


"Kalau suasana itu dibawa dengan tidak tegang, tidak memposisikan ini lawan, ini kawan, siapa yang mendapatkan manfaat? Bangsa ini, kita semuanya, kita rindu pada pikiran-pikiran seperti itu," kata Surya Paloh.

Paloh menambahkan, pemilu yang dilaksanakan dengan rileks adalah esensi suatu demokrasi. Soal beda pilihan, ditekankannya, mestinya bisa disikapi dengan bijak.

"Masalah pilihan masing-masing, tapi kan memang itu esensinya demokrasi kan, dan semakin matang kita dalam pemahaman untuk aktualisasi kan arti keberadaan kita dalam sistem dan mode demokrasi yang ada, sebenarnya semakin baik kita di dalam berbangsa dan bernegara ini," kata Surya Paloh.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari

DKPP Kembali Beri Sanksi Ketua KPU, Kali Ini soal Kebocoran Data Pemilih

Pemberian sanksi dari DKPP terhadap Ketua KPU Hasyim Asy'ari bukanlah pertama kali. Hasyim sudah berkali-kali diberi sanksi.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024