Prabowo Subianto Dinilai Sosok Capres Merdeka dari 'Sandera' Politik

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi panelis dalam Pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu, 3 Juni 2023.
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sebagai sosok calon presiden (capres) yang merdeka dari sandera politik. Hal itu dikemukakan Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

Menurut Igor, Ketua Umum Partai Gerindra itu terbebas dari kepentingan politik yang mengkapitalisasi jabatan publik. Prabowo justru sosok yang menyatukan gagasan untuk pembangunan Indonesia.

"Dia (Prabowo) lebih berwibawa, dia lebih punya pengaruh, dia tidak bisa ditekan oleh parpol yang mengusungnya," kata Igor, Selasa, 18 Juli 2023.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Menhan Prabowo Subianto dalam forum IISS di Singapura

Photo :
  • Twitter Prabowo Subianto @prabowo

Dia menyampaikan, Prabowo menjadi satu-satunya ketua umum parpol yang mendapat dukungan kuat seluruh elemen masyarakat untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Kondisi tersebut dapat dilihat dari raihan elektabilitas yang signifikan.

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Dukungan kuat rakyat terlihat dari hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1-8 Juli 2023. Prabowo berhasil meraih angka tertinggi dengan 35,8 persen dalam simulasi 3 nama capres. Nama Prabowo sosok top of mind pilihan presiden dengan torehan suara sebanyak 20,0 persen suara publik.

Capaian tersebut, menurut Igor, tidak terlepas dari keikhlasan Prabowo dalam mengabdi rakyat. Wibawa yang dimiliki Prabowo membuat dia sangat kecil kemungkinan bisa disetir.

Untuk itu, dia menilai, Prabowo sangat berkompeten menjadi presiden Indonesia selanjutnya. Prabowo sangat mumpuni meneruskan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Makanya dari segala aspek Prabowo ini sangat mumpuni sebagai pemimpin," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya