Soal Baju Kampanye yang Didesain Jokowi, Demokrat Singgung Keaslian Ganjar

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang merupakan bakal calon Presiden 2024
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menyoroti baju kampanye calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo. Adapun Ganjar mengaku baju kampanye tersebut didesain oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sukses Jalankan Misi Perdamaian di Kongo, 1.021 Prajurit TNI Dianugerahi Satya Lencana dari Jokowi

Kamhar kemudian mempertanyakan keaslian dari Ganjar Pranowo. Sebab, jika ada sangkut pautnya dengan Presiden Jokowi, Ganjar dinilai sebagai capres serba Jokowi.

"Wajar saja jika kemudian ada pertanyaan-pertanyaan kritis, apa yang sebenarnya orisinal dari Pak Ganjar? Karena ada kesan menjadi Capres berarti menjadi serba Jokowi atau menjadi Jokowi," kata Kamhar dalam keterangannya, Kamis, 20 Juli 2023.

Grace Natalie Dipanggil Jokowi ke Istana, Bilang Ada Penugasan dari Presiden

Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo Salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed Solo

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Kamhar juga menilai Ganjar tengah melakukan gimik politik lantaran mengkampanyekan desain bajunya dari Presiden Jokowi. Hal tersebut, lanjut dia, dapat meningkatkan efek elektoral dari pendukung Jokowi.

Harta Kekayaan Presiden Jokowi Meningkat, Kini Jadi Rp 95,8 Miliar

"Jika Pak Ganjar saat ini sudah merilis baju kampanyenya, sambil mengampanyekan bahwa itu di desain Pak Jokowi sebagai bagian dari gimik politik untuk mendapatkan efek elektoral dari pendukung Jokowi, silahkan saja. Sah-sah saja," ucap Kamhar.

Meski begitu, Kamhar mengatakan atribut kampanye merupakan sesuatu yang penting dalam setiap kompetisi maupun kontestasi. Atribut kampanye dapat mewakili gagasan tertentu hingga sekedar hanya untuk unjuk gigi dari yang lainnya. 

"Baju kampanye memang menjadi salah satu atribut penting dalam setiap kompetisi atau kontestasi. Biasanya ini mewakili gagasan, konsep atau karakter tertentu. Meskipun ada juga yang sekedar untuk gagah-gagahan sebagai pembeda dibanding yang lainnya," kata Kamhar.

Sebelumnya diberitakan, Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menghadiri acara silaturahmi Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah yang digelar para relawannya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 19 Juli 2023.

Dalam kesempatan itu, para relawan hadir memakai baju kemeja dengan motif garis lurus berwarna hitam dan putih. Baju kemeja itu pun kini menjadi ciri khas dari relawan Ganjar. Nama baju itu pun diperkenalkan, yakni 'baju garis lurus'.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga tampak memakai baju kemeja dengan motif yang sama dalam acara tersebut. Ganjar mengatakan baju kemeja identitas kampanyenya dirancang oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). 

Mulanya, dia bercerita sempat makan siang bersama Presiden Jokowi. Dalam pertemuan itu, Ganjar mengaku banyak membahas hal dengan Jokowi.

"Ya termasuk ngomongin soal relawan juga. Beliau sangat mendengarkan dan beliau sangat mengerti apa yang ada dalam batin masing-masing," kata Ganjar kepada wartawan di Senayan.

Dalam kesempatan itu, lanjut dia, Jokowi berbicara kelompok relawan yang pernah ada. Ia pun mengaku banyak belajar dari Jokowi dalam menjalin hubungan dengan para relawan.

"Dan itu sebuah hubungan besar dalam naskah politik nasional dimana nama relawan kemudian diperhitungkan dalam sebuah politik Indonesia," kata Ganjar.

Setelah itu, Ganjar bercerita, Jokowi memberikan sepucuk kertas yang bergambar desain baju. Ganjar pun langsung menerima kertas tersebut. "Pak Jokowi memberikan desain baju yang saya pakai ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya