Elite Partai Gerindra dan Demokrat Bertemu, SBY dan AHY Titip Salam ke Prabowo

Pengurus DPP Partai Gerindra mendatangi Kantor DPP Partai Demokrat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Walau berbeda koalisi, elit Partai Gerindra dengan Partai Demokrat, melakukan pertemuan. Pertemuan di kantor DPP Demokrat Kamis 20 Juli 2023 ini, di tengah situasi koalisi Pilpres 2024 yang masih cair.

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menyambut kedatangan jajaran elite Partai Gerinda yang dipimpin oleh Sekjen Ahmad Muzani. Dalam kesempatan itu pula, Teuku Riefky menyampaikan salam dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada Prabowo Subianto. Sembari berharap pertemuan antara kedua partai ini akan terjadi lagi ke depannya.

"Tetapi kami mengucapkan terima kasih dan salam untuk Pak Prabowo dari Pak SBY dan juga Mas AHY," kata Riefky saar konferensi pers, di DPP Partai Demokrat, Kamis, 20 Juli 2023.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Teuku Riefky menjelaskan, dalam pertemuan tersebut pihaknya membahas mengenai isu-isu kebangsaan di Tanah Air. Namun, Riefky menyebut pihaknya juga membahas mengenai pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

"Nah terkait pilpres, kami saling menjaga etika politik," kata dia.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Dia menambahkan, Demokrat menghargai posisi Partai Gerindra yang telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama PKB. Demikian sebaliknya, Riefky menyebut Partai Gerindra juga menghormati posisi Partai Demokrat yang telah membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama Nasdem dan PKS. Lebih lanjut, Riefky menambahkan kedua partai politik (parpol) bersepakat agar Pemilu 2024 harus berjalan baik.

"Tentu banyak hal yang kita bicarakan terkait Pilpres ini termasuk juga keinginan kita agar Pemilu ini juga Pilpres ini berjalan dengan baik, dengan damai, dengan demokratis," pungkasnya.

Diketahui, dipimpin Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani, rombongan elit Partai Gerindra menyambangi Partai Demokrat, pada Kamis, 20 Juli 2023. Pertemuan antara kedua partai politik itu terjadi di tengah-tengah cairnya koalisi di Pemilu 2024 saat ini.

Partai Gerindra sudah resmi berkoalisi dengan PKB, dan membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR, dan Prabowo Subianto sebagai capres pada Pilpres 2024. Sementara Partai Demokrat, berkoalisi dengan PKS dan Nasdem dalam Koalisi Perubahan dan mengusung Anies baswedan sebagai capres.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, rombongan elite Partai Gerindra yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ahmad Muzani tiba pada pukul 13.55 WIB. Selain Muzani, terlihat elite Partai Gerindra yakni Waketum Sugiono dan Prasetyo Hadi, serta Anggota Dewan Pembina Andre Rosiade. Mereka datang menggunakan mobil berwarna silver.

Kedatangan Ahmad Muzani dan kawan-kawan disambut oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Hinca Panjaitan beserta jajaran elite Demokrat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya