Cerita Eks Kapolda Metro Ditugasi Prabowo Bentuk Relawan: Sejak 2019 Berjuang Bersama

Mantan Kapolda Metro Sofyan Jacob (tengah duduk) dukung Prabowo di Pilpres 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Eks Kapolda Metro Jaya, Komjen (Purn) Sofyan Jacob mengaku mendapatkan mandat langsung dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk membentuk relawan. Hal itu diungkap Sofyan selepas acara deklarasi dukungan dari Gerakan Relawan Rakyat Pendukung Prabowo Presiden RI 2024 (Gerrak PPRI 24) di Rumah Besar Relawan 08, Jakarta Barat, Jumat, 21 Juli 2023. Sofyan menjabat sebagai ketua umum Gerrak PPRI 24 itu.

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

"Yang penting saya dapat tugas dari Prabowo untuk membuat, membentuk relawan ini," kata Sofyan kepada wartawan.

Sofyan menyebut ini bukan kali pertama dirinya berjuang bersama Prabowo Subianto. Sebelumnya, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, Sofyan turut menyatakan dukungan terhadap Prabowo sebagai presiden.

Ganjar Tegaskan Siap jadi Oposisi: Bisa Buat Banyak, Bantu Kawan Maju Pilkada

M.Sofyan Jacob

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Kemudian, jelang Pilpres 2024, dirinya dipanggil kembali oleh Prabowo ke Hambalang, Bogor dan setuju untuk membentuk relawan.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

"Saya dipanggil kembali untuk bersama-sama beliau pada waktu acara di Hambalang saya diminta untuk sama-sama, 'Pak Sofyan, kita berjuang'. Ya oke, saya siap," ungkapnya.

"Sejak 2019 saya berjuang sama Pak Prabowo," sambung Sofyan.

Dalam kesempatan itu, Sofyan juga sempat mengungkit nasib seseorang dalam dunia politik. Kata dia, saat dirinya menang maka akan dianggap sebagai pahlawan, namun jika kalah maka dinilai pecundang.

"Kalau kita menang jadi pahlawan. Kalau kalah jadi pecundang. Saya pernah jadi pahlawan pada waktu Gus Dur menang, saya jadi pahlawan. Kemarin tahu-tahu saya karena Prabowo dinyatakan kalah, saya jadi pecundang, dicari-cari kesalahan. Biasa itu. Itu biasa. Itu politik. Enggak jadi masalah," ujar Sofyan.

Diberitakan sebelumnya, mantan Kapolda Metro Jaya, Komisaris Jenderal (Purn) M Sofyan Jacob resmi menyatakan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Dukungan itu disampaikam Sofyan melalui Gerakan Relawan Rakyat Pendukung Prabowo Presiden RI 2024 (Gerrak PPRI 24) di Rumah Besar Relawan 08 di Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 21 Juli 2023

Ketua Dewan Pembina DPN HKTI Prabowo Subianto

Photo :
  • istimewa

Di depan relawan Gerrak PPRI 24, Sofyan mengaku mendukung Prabowo Subianto atas panggilan hati nurani. 

"Kalau ditanya kenapa Bapak mau? Enggak ada kerjaan apa? Tidak, tidak. Saya sudah pensiun, saya sudah purnawirawan, sudah waktunya saya jalan dengan anak-cucu, sudah waktunya saya beribadah, kenapa saya mau?" kata Sofyan di depan relawan, Jumat, 21 Juli 2023.

"Ini panggilan jiwa saya, panggilan hati nurani saya, saya harus berjuang, ini saya mengajak masyarakat untuk bisa mendukung Prabowo menjadi presiden," sambungnya. 

Sofyan mengatakan dirinya tidak mengharapkan apa-apa dari deklarasi dukungan terhadap Prabowo. Pun, Sofyan menegaskan, status dirinya sebagai purnawirawan Polri juga tidak akan berubah meski Prabowo nantinya memenangkan Pilpres 2024.

"Saya tidak mengharap apa-apa, Prabowo jadi presiden saya tetap jadi purnawirawan, enggak mungkin saya akan berubah, saya tidak berharap, saya tidak berharap apa-apa," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya