Hal Ini Dinilai Jadi Pemantik Anak Muda Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Jakarta - Ketokohan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berhasil memantik perhatian besar dari kalangan anak muda dan Generasi Z (Gen Z) Tanah Air. Sosok Prabowo sebagai negarawan dinilai anak muda sangat layak maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Prabowo Salat Idul Adha di Hambalang, Gibran di Balai Kota Solo

"Garis ketegasan Prabowo, ketokohan yang saya rasa senior, basically pendidikan yang mungkin banyak networking dia diluar negeri ini yang dilihat oleh Gen Z," kata Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul.

Dia berpandangan banyak generasi muda yang melihat Prabowo sebagai sosok yang mampu menjawab tantangan masa depan bangsa. Terutama menyoal perdamaian perang serta perkembangan teknologi digital.

Siapa yang Layak jadi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran? Sandiaga: Lebih Berhak yang Berkeringat

Hal demikian, dia menambahkan, semakin dikuatkan dengan latar belakang Prabowo sebagai purnawirawan militer. Serta kepemimpinan teruji Prabowo selama menakhodai Kementerian Pertahanan RI.

"Kemajuan teknologi saya kira yang memengaruhi pola pikir Gen Z ketika memang dunia dilanda perang, dunia dilanda ketidakpastian ekonomi," katanya.

Kader Gerindra Aa Fawa Optimis Menang Pilkada Cianjur 2024

Bakal calon presiden Prabowo Subianto di Rakernas APEKSI 2023

Photo :
  • Kominfo Makassar

Lebih lanjut dia menyebut, Prabowo merupakan figur pemimpin yang tepat lantaran di tengah situasi ketidakpastian keamanan dan perekonomian global. Prabowo dengan pengalaman dan jaringan internasionalnya tentu dapat membawa dampak positif terhadap stabilitas bangsa Indonesia.

Terlebih Prabowo dengan pemikiran intelijen serta strategi taktisnya sebagai mantan Komandan Pasukan Khusus (Kopassus) bakal sangat membantu. Bahkan mampu menjadikan Indonesia sebagai negara sangat kuat secara teknologi dan pertahanan.

"Kemajuan teknologi lah yang membuat ruang-ruang komunikasi dan ruang-ruang informasi sehingga Gen Z ini mau melihat bahwa oh ini figur Prabowo dengan garis ketegasan," jelas Adib.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023 menunjukkan, Prabowo mendapat  torehan suara sebanyak 40,5 persen di kalangan pemilih Gen Z dan 37,1 persen di kalangan Milenial. Hal itu disebut sebagai lompatan besar bagi Prabowo menuju Pilpres 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya