Gibran Bantah Jadi Jurkam Ganjar Pranowo, Hasto PDIP Bilang Begini

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal pernyataan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menegaskan bahwa dirinya bukan juru kampanye (jurkam) dari Ganjar Pranowo dalam sebuah wawancara. Hasto menegaskan bahwa ucapan Gibran tersebut telah dipotong.

Respons Jokowi Tak Diundang Rakernas PDIP ke-V

"Itu hanya diambil potongannya; tadi saya komunikasi sama Mas Gibran. Mas Gibran mengatakan, 'Aduh, Pak Sekjen, itu diedit'," kata Hasto di kantor pusat PDIP, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juli 2023.

Hasto kemudian menjelaskan maksud dari Gibran itu adalah jurkam Ganjar memang belum dibentuk. Pasalnya, jurkam sendiri harus didaftarkan di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Wawan Daftar Pencalonan Wali Kota Yogyakarta ke PDIP Bawa Bakpia dan Buku

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Istimewa

"Yang dimaksudkan Mas Gibran itu bahwa Jurkam memang, kan, belum dibentuk. Karena jurkam ini didaftarkan di KPU. Jadi jurkam daftar di KPU. Kampanye juga belum dilakukan hanya ini kan dilakukan oleh tim kampanye," katanya.

Usulan Polisi di Bawah Kementerian Muncul Lagi, Pengamat: Upaya Melemahkan Polri

Di sisi lain, tim kampanye pemenangan dari Ganjar juga belum dibentuk karena masih menunggu konsolidasi partai politik (parpol). Pembentukan tim kampanye masih menunggu sosok bacawapres dari Ganjar.

"Setelah itu dibentuk tim kampanye dan tim pemenangan Pak Ganjar Pranowo tingkat nasional dan kemudian tim kampanye nasional ini memiliki struktur di dalam struktur itu ada jurkam-jurkam. Jadi jurkam memang belum ada, jurkam itu nanti setelah pasangan dibentuk dan kemudian ada pendaftaran tim kampanye di KPU," katanya.

Wali Kota Solo yang putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebelumnya diberitakan membantah kabar bahwa dia menjadi tim juru kampanye atau jurkam bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Menurut Gibran, hingga kini belum ada tim jurkam yang terbentuk karena belum kampanye pemilu.

Ganjar Pranowo dan Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • Twitter @ganjarpranowo

"Tim resminya memang belum terbentuk, kampanye belum mulai. Tapi beritanya udah ngaco semua. Kasihan warga ini," kata Gibran saat bertemu dengan relawannya di Kwitang, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

Gibran enggan berspekulasi saat ditanya kesiapannya jadi jurkam. Dia menekankan hanya menunggu arahan. Dia mengingatkan agar para relawannya tak memercayai kabar dirinya sudah jadi jurkam capres tertentu. Arahan dukungan capres masih menunggu perintah Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya