Ma'ruf Amin Wanti-wanti BNPT: Terorisme Berpotensi Tumbuh Subur Jelang Pemilu

Wakil Presiden Maruf Amin memberikan keterangan pers kepada wartawan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa, 11 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk tidak lengah terhadap gerakan radikalisme terorisme di Indonesia sebab gerakan itu berpotensi tumbuh lebih subur menjelang Pemilu 2024.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Monitor dan awasi media sosial, terutama menjelang Pemilu 2024. Gerakan radikal terorisme berpotensi tumbuh subur menjelang Pemilu," kata Ma'ruf saat memberikan sambutan dalam puncak Peringatan HUT ke-13 BNPT di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Juli 2023.

Ma'ruf ingin BNPT memahami segala bentuk risiko sehingga momen jelang Pemilu 2024 tidak dimanfaatkan kaum intoleran untuk memecah belah masyarakat Indonesia.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Ilustrasi operasi penangkapan teroris oleh tim Densus 88.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dia juga meminta BNPT memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak dan lembaga untuk menangkal terorisme secara bersama-sama. BNPT harus meneruskan langkah-langkah kontra radikalisasi untuk menangkal berkembangnya paham radikal.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Juga deradikalisasi untuk mengembalikan mereka yang sudah terpapar dengan bekerja sama dengan semua kementerian dan lembaga," jelas Ma'ruf.

"Rangkul juga kalangan muda, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan RT/RW dengan dibantu tokoh agama dan masyarakat. Promosikan moderasi beragama sekaligus perkuat paham kebangsaan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya