Pengamat: Tren Elektabilitas Prabowo Meningkat Jadi Daya Tarik Parpol Lain Beri Dukungan

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi
Sumber :
  • Apdesi

Jakarta – Daya elektoral bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang meningkat menjadi alasan partai pengusung melabuhkan dukungan kepadanya. Hal itu dikemukakan Pengamat Politik Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

Menurut Prof Kacung, tingginya daya elektoral itu menjadi faktor penentu banyaknya partai politik yang perlahan mendukung Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu untuk memimpin Indonesia periode berikutnya. 

“Sekarang trennya naik, jadi itu yang membuat daya tarik, bagi partai-partai yang lain untuk gabung ke Pak Prabowo,” kata Prof Kacung dalam keterangannya, Kamis, 3 Agustus 2023.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Hingga Juli 2023, elektabilitas Prabowo terekam terus menunjukkan tren peningkatan. Hal itu tercatat dalam survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada periode 1-8 Juli 2023. 

Dasco: Revisi UU Kementerian untuk Mengakomodasi Kepentingan Kebutuhan

Pada bulan Januari 2023, Prabowo hanya meraih dukungan sebesar 23,2 persen. Kemudian, pada Februari 2023, tingkat elektoral menteri andalan Presiden Jokowi itu melompat menjadi 26,7 persen. 

Selanjutnya, pada bulan April 2023, elektabilitas Prabowo kian kokoh di angka 30,3 persen. Lalu, puncaknya, Prabowo mengantongi elektabilitas tertinggi versi survei LSI di bulan Juli 2023 dengan dukungan mencapai 35,8 persen. 

Melihat dari hasil survei tersebut, Prof Kacung meyakini jika tingginya daya elektoral Prabowo memang membuat kepincut beberapa partai politik lain yang ingin memberikan dukungan pada orang nomor satu di Partai Gerindra tersebut. 

Prof Kacung menyebutkan, probabilitas yang tinggi untuk memenangkan Pilpres 2024 menjadi alasan kuat banyaknya partai politik yang mulai merapatkan barisan mendukung Prabowo. 

Sejauh ini sudah ada beberapa partai yang sudah dan akan mendukung Prabowo pada pesta demokrasi mendatang. Adapun partai yang sudah resmi melabuhkan dukungan adalah Partai Bulan Bintang (PBB). 

Sementara itu, sinyal kuat mendukung Prabowo juga mulai diperlihatkan oleh Partai Gelora, Partai Buruh, hingga Partai Solidaritas Indonesia (PSI). “Beberapa partai sebelumnya enggan gabung ke Pak Prabowo, karena tren Pak Prabowo menurun, sekarang trennya naik,” kata Prof Kacung.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya