Anies Baswedan Sebut AHY Pemberani, Singgung PK Moeldoko yang Ditolak MA

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Bakal calon presiden atau capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, hadir dalam acara peluncuran buku tetralogi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Kamis, 10 Agustus 2023 di Jakarta Pusat.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

Pada kesempatan itu, Anies sempat menyinggung soal putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak permohonan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, terkait kepengurusan DPP Partai Demokrat.

Mulanya, Anies menyebut AHY sebagai sosok pemberani. AHY juga disebut Anies banyak melalui proses pembentukan, dan diibaratkan seperti berlian.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

"Pilihan yang diambil Mas AHY ini pilihan yang sangat berani, tapi dituliskan juga oleh Pak Dino tadi bercerita tentang harus menjalani proses pembentukan, bahkan tadi dikatakan ilmu berlian," kata Anies Baswedan di Jakarta Pusat, Kamis, 10 Agustus 2023.

Anies membandingkan berlian dengan batu bara. Dia menyebut batu bara dan berlian berasal dari materi yang sama. Namun, untuk menjadi berlian butuh tekanan yang sangat tinggi dan itu diibaratkan seperti AHY.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

"Tapi apa yang menarik? Batu bara dan berlian itu berasal dari materi yang sama, yang tidak pernah tekanan tinggi, yang kena suhu bumi yang tinggi dia akan jadi batu bara, tapi yang kena tekanan tinggi, yang kena suhu tinggi, kena gemblengan dia jadi berlian," kata Anies.

"Jadi, bagi mereka-mereka yang hari-hari ini dan kemarin mengalami tekanan-tekanan tinggi sesungguhnya sedang menjadi berlian-berlian masa depan," sambungnya.

Menurutnya, AHY telah terkena tekanan selama 2,5 tahun karena bersitegang dengan kubu Moeldoko. Anies mengatakan, tekanan yang dialami AHY menjadi tantangan yang sulit.

“Jadi, hari ini mas AHY gemblengan dua setengah tahun itu, 19 kali proses pengadilan itu adalah gemblengan untuk menjadi negarawan melampaui politisi. Itu sebuah tantangan yang tidak sederhana dan Allah punya rencana yang sempurna dan proses bekerjanya misterius," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, keputusan MA yang menolak permohonan PK terhadap KSP Moeldoko di hari ulang tahun AHY merupakan kado terbaik.

"Kok ya keputusan MA itu dikeluarkan di hari ulang tahunnya Mas AHY? Jadi anggaplah itu sebagai hadiah ulang tahun dari sistem pengadilan kita untuk mas AHY, mudah-mudahan nanti terjaga terus ke depan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Masalah ini terkait kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

"Tolak," bunyi amar putusan yang dibacakan Ketua Majelis Yosran seperti dikutip VIVA dari website kepaniteraan.mahkamahagung.go.id, Kamis, 10 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya