Tantang Bacapres Masuk Kampus, BEM UI: Tiap Calon Pemimpin Harus Diuji Kapasitasnya

Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang.
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama.

Depok – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menantang para bakal calon presiden (bacapres) datang ke kampus UI. Tantangan tersebut dilontarkan Ketua BEM UI Melki Sedek Huang setelah adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Kuliah di PTN Indonesia Tetap Bayar Tidak Seperti di Luar Negeri, Ini Penjelasan Kemendikbud

“Jika melihat Putusan MK yang tengah diperbincangkan tersebut, tak ada satu pun frasa dalamnya yang menyebutkan memperbolehkan kampanye di kampus, melainkan disebutkan bahwa institusi pendidikan diperbolehkan untuk mengundang para calon dengan tidak membawa atribut dan alat peraga,” kata Melki, Senin, 21 Agustus 2023.

Melki menuturkan, tantangan tersebut dilakukan lantaran banyak kampanye hari ini membosankan. Generasi muda sudah bosan melihat banyak kampanye minim substansi dan lip service semata.

Menguatkan Nilai Luhur Pancasila di Lingkungan Kampus

“Apalagi jika ditambah dengan permainan identitas dan pencitraan yang tak perlu,” tegasnya.

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Photo :
  • ist
Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Butuh Dukungan Rakyat dan Parpol untuk Wujudkan Janji Kampanye

Menurutnya, adanya celah kebolehan untuk mengundang para calon pemimpin ke kampus harus dimanfaatkan. Melki menegaskan, saat ini saatnya setiap kampus kembali ke marwahnya sebagai tempat pencarian kebenaran guna sebesar-besarnya kemaslahatan bangsa.

“Tiap calon pemimpin harus diuji kapasitas dan substansinya di dalam kampus secara serius daripada sekadar jualan pencitraan dan kampanye tak bermutu,” ungkapnya.

Kebolehan institusi pendidikan untuk mengundang para calon pemimpin harus digunakan untuk menguji substansi dan isi otak tiap calon pemimpin, bukannya jadi ladang cari muka para pimpinan kampus dan ladang main mata kaum intelektual dan politisi saja.

“Jika memang punya nyali, BEM UI mengundang semua calon presiden/bakal calon presiden untuk hadir ke UI karena kami siap untuk menguliti semua isi pikiran kalian,” katanya.

BEM UI, sambung dia siap menyampaikan aspirasi dan mendebat seluruh argumen jika perlu. Melki mengatakan, tidak mau masa depan bangsa ini digantungkan pada calon pemimpin yang hanya berfokus pada kampanye, pencitraan, dan lip service tak bermutu.

“Kami butuh pemimpin yang cerdas dan berpihak untuk rakyat banyak,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya