Anies Temui Salim Segaf, PKS: Setelah Nanti Deklarasi Cawapres, Kita All Out

Bacapres Anies baswedan bertemu dengan Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta - Bakal calon presiden atau bacapres Anies Baswedan dan Tim 8 dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bertemu dengan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri di kediamannya, Jakarta, Sabtu pagi, 26 Agustus 2023.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Usai pertemuan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyebut pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Anies selaku bakal capres untuk menentukan figur cawapres pendampingnya untuk Pilpres 2024. Dia bilang tiga parpol di KPP yaitu Nasdem, PKS, dan Demokrat sepakat soal cawapres sesuai piagam koalisi.

"Semuanya (partai koalisi) kita sepakat, sebagaimana piagam koalisi bahwasanya kaitan dengan cawapres semua diserahkan ke capres," kata Syaikhu, dalam keterangannya di Jakarta.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Menurut dia, PKS hanya berikan beberapa kriteria yang harus dimiliki sosok cawapres tersebut. Kata dia, kriteria tersebut sosok nasionalis religius, bisa dwitunggal kesepakatan dengan Anies, serta punya peluang menang yang besar.

Bacapres Anies Baswedan dengan petinggi Koalisi Perubahan.

Photo :
Kelakar Idris Masuk Bursa Bakal Cagub Jabar: Siapa yang Melamar, Harus Bayar Saya

Terkait elektabilitas Anies yang turun versi sejumlah survei, Syaikhu menanggapinya dengan santai. Dia tak setuju dengan persepsi elektabilitas Anies turun karena belum dideklarasikannya cawapres. 

Menurut dia, elektabilitas Anies menurun mungkin karena bisa dipengaruhi banyak hal.

"Namanya survei biasa kalau naik turun, masalah banyak faktor, bukan satu faktor saja," lanjutnya.

Pun, dia menambahkan, usai dideklarasikan soal cawapres, koalisi akan bekerja optimal untuk memenangkan pasangan tersebut. "Yang penting setelah nanti deklarasi, betul-betul kita bekerja secara all out tiga partai ini untuk memenangkan pasangan ini," jelasnya.

Dalam pertemuan di rumah Salim Segaf, beberapa petinggi Koalisi Perubahan hadir seperti Syaikhu, Sekretaris Jenderap Demokrat Teuku Riefky Harsa, Ketua DPP Nasdem Sugeng Suparwoto, Ketua DPP PKS Al Muzzamil Yusuf.

Kedatangan Anies yang didampingi tim 8 disambut hangat Salim Segaf. Kemudian, pertemuan berlanjut dengan agenda tertutup. 

Usai pertemuan, Anies menyebutkan kedatangannya ke kediaman Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim dalam rangka mendengarkan masukan serta memperkuat strategi ke depan. 

Adapun menurut Anies, pertemuan dengan Salim Segaf adalah pertemuan lanjutan. Ia mengatakan demikian karena dirinya serta Tim 8 sudah menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Pertemuan ini memperkaya bekal yang bisa kami bawa dalam perjalanan ke depan kita menyamakan langkah menyamakan strategi, memiliki kesepakatan arah langkah strategi dan arahan yang diberikan tiga tokoh tadi  sama," kata Anies.

Anies menyebut pertemuan tersebut juga membahas tentang pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa menjelang konstelasi Pemilu 2024.

"Apa yang kita ikhtiarkan menghadirkan perubahan dengan unsur utama keadilan membuat kita memiliki ikatan yang kuat sebagai bangsa," tutur Anies. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya