Dapil Neraka Sumut III, Djarot PDIP Dapat Lawan Berat Eks Gubernur Jagoan PKS

Politikus PDIP Djarot Syaiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

Jakarta - Persaingan berat menuju kursi parlemen DPR salah satunya bakal terjadi di daerah pemilihan atau dapil Sumatera Utara III. Di Dapil 'neraka' ini, ada deretan nama politikus beken yang akan saling sikut demi jadi wakil rakyat di DPR.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Dua di antaranya adalah mantan gubernur. Keduanya yaitu eks Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat dari PDI Perjuangan (PDIP) dan Irwan Prayitno merupakan mantan Gubernur Sumatera Barat. Irwan jadi bacaleg dari PKS.

Dari daftar yang dilihat VIVA, Kamis, 31 Agustus 2023, mereka berada di satu dapil merujuk pengumuman Daftar Caleg Sementara (DCS) di website Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Irwan Prayitno dalam karir politiknya merupakan Gubernur Sumbar dua periode dari 2010-2020 yang diusung PKS. Pun, Djarot menjabat Gubernur DKI pada 2017 menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat ini, Djarot juga tercatat sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

Politikus PDIP Djarot Syaiful Hidayat (kanan) jadi bacaleg PDIP.

Photo :
  • Istimewa/BS Putra
Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Untuk diketahui, Dapil Sumut 3 DPR RI meliputi Kabupaten Asahan, Batubara, Dairi, Karo, Langkat, Pakpak Bharat, Simalungun. Kemudian, Kota Binjai, Pematangsiantar dan Tanjungbalai.

Selain Irwan dan Djarot, di Dapil ini ikut bertarung dari mantan kepala daerah lainnya, petahana, ketua partai tingkat provinsi, hingga mantan menteri. Selain itu, ada juga mantan narapidana tindak pidana korupsi menghiasi line up Bacaleg di dapil Sumut 3.

Misalnya, PKB ada Ali Umri, yang merupakan mantan Wali Kota Binjai. Gerindra memasang Djohar Arifin Husin (petahana), PDIP ada kader bekennya yaitu Junimart Girsang (petahana). Lalu, Golkar juga ada Ahmad Doli Kurnia Tanjung (petahana).

Nasdem ada Nurhajizah Marpaung merupakan mantan Wakil Gubernur Sumut 2017 hingga 2018. Kemudian, JR Saragih merupakan mantan Bupati Simalungun.

Sementara, Partai Gelora ada Ridwan Panjaitan yang merupakan mantan terpidana korupsi kasus pada Biro Umum Setda Pemprov Sumut tahun 2013. Dia merupakan orangdekat mantan Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho.

PKS ada Ansory Siregar yang merupakan bacaleg petahana. Kemudian, Hanura ada El Adrian Shah yang merupakan Ketua DPD Hanura Sumut.

Selanjutnya, Demokrat punya bacaleg yang sudah punya nama mencuat yakni Hinca Panjaitan (petahana), Jansen Sitindaon. Partai Ummat ada MS Kaban, yang merupakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya