SBY Ungkap Pernah Diingatkan Teman Soal Demokrat Dukung Anies

Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Sumber :
  • YouTube Partai Demokrat

JakartaKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan pernah diingatkan beberapa kerabat sebelum Demokrat mendukung Anies Baswedan

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Namun, kata SBY, dirinya ketika itu masih berprasangka baik. “Sebenarnya beberapa teman sudah mengingatkan saya, agak lama. Baik dari kalangan kader Demokrat maupun dari luar Demokrat. ‘Begini Pak. Pak SBY apa benar-benar percaya kepada orang itu (Anies)? Atau kepada orang-orang itu?’” kata SBY di Cikeas, Bogor, Jumat, 1 September 2023. 

SBY menekankan, koleganya bahkan beberapa kali mengingatkan. Namun, dengan kejadian Nasdem secara sepihak menginisiasi kesepakatan duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), sehingga peringatan dari para koleganya ternyata mengandung kebenaran.  

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Spanduk Anies dicopot Partai Demokrat.

Photo :
  • Yandi D/VIVA.

“Teman itu mengatakan ya silakan saja dilihat nanti, yang penting saya sudah ingatkan. Nah kalau saya ingat kembali yang diingatkan teman-teman itu lebih dari satu. Keputusan sepihak kemarin itu, saya boleh katakan, keputusan gelap seperti itu, tidak sesuai rules kesepakatan, ternyata barangkali mengandungi kebenaran,” kata SBY. 

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

SBY lantas menganggap Demokrat telah salah menentukan arah dukungan sebelumnya. Namun ia optimis partainya bisa belajar dari semuanya.

“Anggaplah kita salah kali ini. Tetapi kita belajar. Mudah-mudahan kita tidak salah lagi ke depan. Mudah-mudahan dengan izin Allah kita juga tidak kalah nantinya,” kata Presiden ke-6 RI tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya