Ganjar Dijadwalkan Hadir Kuliah Kebangsaan di UI pada 18 September

Bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Depok – Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo akan datang dalam agenda Kuliah Kebangsaan yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). Pada sesi sebelumnya, bakal capres Anies Rasyid Baswedan sudah hadir dalam Kuliah Kebangsaan tersebut.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Ganjar dijadwalkan hadir pada Senin 18 September 2023. Kuliah Kebangsaan FISIP UI digelar di Gedung Balai Serbaguna Purnomo Prawiro, Kampus FISIP UI, Depok.

Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto mengatakan, FISIP UI merupakan kampus dengan kekhususan di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. FISIP UI harus memainkan perannya sebagai katalis diskusi yang sehat dan berkualitas, tanpa memihak kelompok manapun.

KPU Akan Gelar RDP Bareng DPR Hari Ini, Bahas Evaluasi Pemilu 2024

“Kehadiran tokoh-tokoh pada Kuliah Kebangsaan adalah salah satu forum di mana mahasiswa dan civitas akademika dapat mendengar, bertanya bahkan mendebat pemikiran-pemikiran masa depan Indonesia yang dilontarkan para tokoh tersebut,” katanya, Sabtu, 16 September 2023.

Guru Besar Antropologi itu menuturkan, dalam Kuliah Kebangsaan yang bertemakan "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" tersebut para tokoh yang diundang akan diberi kesempatan untuk mengeluarkan pemikiran dan visi mereka. Kemudian, ditanggapi oleh para panelis yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.

KIP Pastikan Tak Ada Calon Independen di Pilgub Aceh 2024

Bacapres Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

“Selain panelis, mahasiswa yang hadir juga diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan,” ujarnya.

Prof Aji menegaskan, yang diundang pada Kuliah Kebangsaan FISIP UI bukanlah calon presiden. Melainkan tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran terhadap masa depan Indonesia.

“Tokoh tersebut kami undang berdasarkan kapasitasnya sebagai anak bangsa yang memiliki spektrum luas terhadap publik, dimana memiliki pemikiran dan pandangan terhadap masa depan Indonesia, bukan sebagai calon presiden,” ujarnya.

Ketua Panitia Kelas Kebangsaan, Shofwan Al Banna Choiruzzad mengatakan, format yang ada dalam acara itu merupakan format yang lazim dilakukan di dunia akedemis dalam kerangka pengembangan keilmuan dan pemikiran.

“Kuliah Kebangsaan adalah forum akademis, dimana kita dapat menyimak pemikiran-pemikiran yang terlontar. Tidak hanya pemikiran dari tokoh yang menjadi dosen tamu tapi pemikiran-pemikiran dari panelis maupun peserta kuliah yang hadir,” katanya.

Kuliah Kebangsaan ini sendiri sudah terlaksana sejak tahun lalu. Saat itu FISIP UI mengundang Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan tokoh masyarakat sipil Yenny Wahid. 

Pada serial Kuliah Kebangsaan tahun ini, selain Ganjar Pranowo, diundang pula Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Anies Baswedan merupakan tokoh pertama yang hadir pada Kuliah Kebangsaan ini pada 29 Agustus silam. Sementara jadwal untuk Prabowo Subianto masih belum dapat ditetapkan kendati Menteri Pertahanan tersebut telah menyatakan kesediaannya untuk hadir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya