Safari Politik di Madura, Anies Unjuk Pengalaman Urus Wilayah Kepulauan di DKI Jakarta

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam safari politik dan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Ar-Raudah Batuan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat, 29 September 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Slamet Hidayat

Sumenep - Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) berkomitmen menyetarakan pembangunan, baik wilayah daratan maupun kepulauan saat safari politik ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

"Wilayah kepulauan akan diurus secara setara. Kami punya rekam jejak untuk itu," kata Anies usai silaturrahim bersama ulama, habib, kiai, nyai, dan warga NU Madura bersama Amin di Ponpes Ar-Raudah Batuan, Kabupaten Sumenep.

Kabupaten Sumenep memiliki 126 pulau yang tersebar di 10 kecamatan dan 48 pulau di antaranya berpenghuni.

Golkar Tetap Optimis Meski Elektabilitas Ahmed Zaki Masih Rendah di Bursa Cagub DKI

Anies Baswedan kampanye di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Photo :
  • Danar Dono

Ia menceritakan pengalaman ketika menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta dalam membangun Kepulauan Seribu. "Jakarta adalah satu-satunya kota di dunia yang memiliki kepulauan. Ada 111 pulau dan 11 pulau yang berpenghuni. Alhamdulillah, selama kami bertugas sebagai gubernur DKI Jakarta ada kesetaraan pembangunan," ujarnya.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Ia menjelaskan pihaknya menyiapkan infrastruktur, baik air maupun pembangkit listrik tenaga surya, tambahan sarana transportasi laut, dan kapal ambulans.

Ketika warga Kepulauan Seribu mengeluhkan ketersediaan bahan pokok, kata dia, Pemerintah Provinsi kala itu membangun pasar induk dan selanjutnya mereka tak perlu belanja ke daratan di Jakarta.

"Insyaallah, kami akan menjadikan program pembangunan yang setara antara daratan dan kepulauan," kata Anies.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kepulauan Seribu, Jumat, 22 Maret 2019.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam safari politik dan memperingati maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Ar-Raudah Batuan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat, 29 September 2023. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya