Megawati Minta Kader Tak Gentar Hadapi Manuver dan Kepungan Politik Praktis

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP, Jiexpo, Kemayoran
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, meminta kader-kadernya tidak gentar menghadap kepungan politik. Tidak dijelaskan apa yang dimaksud, apakah termasuk soal poros koalisi Pilpres 2024 atau bukan.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

Dimana, PDIP membangun poros koalisi bersama PPP, Hanura dan Perindo dalam mengusung capres Ganjar Pranowo. Lalu Anies Baswedan - Cak Imin diusung PKB, Nasdem dan PKS. Sementara poros lainnya yang menjadi koalisi besar, yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora dan Partai Garuda yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres.

Penegasan disampaikan Megawati, saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP. Dalam pidato pembukaannya, Presiden Republik Indonesia ke-5 itu, mereka yang suka bermanuver politik hanya mengincar kekuasaan belaka.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Selama ini kita menyatu dengan rakyat. Jangan sekalipun pernah gentar sedikit pun menghadapi berbagai kepungan dan manuver politik praktis yang hanya sekadar menggunakan keinginan kekuasaan sebagai tujuan," kata Megawati di Rakernas IV PDIP di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 29 September 2023.

"Berpolitik lah dengan seluruh semangatmu, dengan nuranimu, dengan mata hatimu dan setialah kepada sumbermu yaitu rakyat rakyat," sambungnya.

Megawati Instruksikan Ita Maju Pilwakot Semarang

Tak hanya itu, Megawati juga meminta seluruh kader PDIP untuk berkomitmen memenangkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024. Sehingga Pilpres 2024 nanti kader PDIP itu bisa kembali memimpin Indonesia setelah Presiden Joko Widodo.

"Kepada seluruh anak-anakku, seluruh simpatisan di mana pun kalian berada, anggota sukarelawan, kader partai ingatlah bahwa rakyat itu adalah cakrawati perjuangan kita, kepada mereka lah dedikasi politik sekali ditunjukkan kita berjuang, karena keyakinan politik kita telah teruji dengan gemblengan sejarah yang begitu hebat dan menyakitkan, khususnya ketika masa Orde Baru," katanya.

Lebih lanjut, Megawati mengingatkan Pilpres dan Pileg 2024 yang tinggal beberapa bulan lagi. Oleh karena itu, kader PDIP diminta untuk turun ke masyarakat.

Diketahui, Rakernas itu dihadiri oleh Presiden Jokowi; Wakil Presiden, Ma'ruf Amin; Bacapres Ganjar Pranowo. 

Selain itu keempat ketua umum partai politik pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 juga hadir, di antaranya yaitu Ketua Umum (Ketum) Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, dan Ketum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang.

Selain jajaran para ketua umum, Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD; Menteri Sosial; Tri Rismaharini, Menkumham; Yasonna Laoly dalam Rakernas IV PDIP tersebut. 

Ada Menteri Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Menteri ATR/BPN; Hadi Tjahjanto dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Kepala Bulog, Budi Waseso juga turut hadir.

Kemudian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Trenggono dan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Ratusan ribu kader dari tiga pilar partai PDIP hadir memadati arena Rakernas IV. Adapun, pilar pertama adalah struktural partai, anak ranting, ranting, pengurus anak cabang, pengurus partai, DPLN, DPC, DPD, hingga DPP partai.

Pilar kedua adalah seluruh anggota legislatif dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, nasional, sementara pilar ketiga adalah seluruh eksekutif partai dari tingkat nasional, provinsi, seluruh kepala daerah, dan wakil di tingkat kabupaten atau kota.

Selain itu juga kurang lebih hadir juga kurang lebih 4.000 petani dan nelayan dari berbagai daerah juga ikut meramaikan helatan akbar PDIP ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya