Hasil Survei Selalu Urutan Buncit, Cak Imin: Kita Jadikan Masukan Untuk Kerja Keras

Bakal Cawapres Muhaimin Iskandar di Hadapan Pendukungnya di Malang Raya
Sumber :
  • VIVA/ Uki Rama

Malang – Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, disambut lautan manusia saat hadir dalam jalan sehat Paslon AMIN di Kawasan Simpang Balapan, Kota Malang, Jawa Timur, pada Minggu, 8 Oktober 2023. 

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

Salawat dan yel-yel terus didengungkan oleh simpatisan untuk Cak Imin yang menjadi bakal calon wakil presiden atau cawapres, yang mendampingi Anies Baswedan sebagai capres, dalam Pemilihan Presiden 2024.

Usai menghadiri acara jalan sehat, Cak Imin memberikan tanggapan atas hasil sejumlah lembaga survei. Dalam hasil survei itu, pasangan Anies-Cak Imin selalu berada di posisi buncit. Jauh di bawah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

Cak Imin dengan santai menganggap, bahwa hasil survei menjadi bahan evaluasi bagi dia dan Anies Baswedan. Dia menilai survei adalah masukan agar mereka bekerja keras. 

"Kita anggap hasil survei itu masukan. Hasil survei apapun itu hasilnya, akan kita jadikan masukkan untuk kerja keras," kata Cak Imin. 

Putri Amien Rais Ambil Formulir di PKB untuk Maju Wali Kota Yogyakarta

Diketahui, sejumlah lembaga survei belum lama ini merilis hasil survei politik mereka terkait elektabilitas ketiga poros capres jelang Pilpres 2024. Posisi Anies selalu di urutan ketiga atau paling bawah dibanding Prabowo dan Ganjar.

Poltracking Indonesia menyebut elektablitas capres dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, di posisi teratas (38,9 %) pada survei yang dilakukan pada 3-9 September 2023. Disusul Ganjar Pranowo (37 %) dan Anies Baswedan (19,9 %).

LSI Denny JA menyebut elektabilitas Anies turun sebesar 5,2 % usai menggandeng Cak Imin. Semula elektabilitas Anies berada di angka 19,7 % pada bulan Agustus menjadi 14,5 % pada bulan September.

Penurunan elektabilitas Anies tersebut, kontras dengan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang mengalami kenaikan pada bulan September 2023.

Prabowo mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 3,6 % menjadi 39,8 % di September dan naik jika dibandingkan pada Agustus yakni 36,2 %. Sementara itu, Ganjar mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 2,1 % menjadi 37,9 % di September dari 35,8 % di Agustus.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia memotret perolehan survei ketiga bakal capres di wilayah kunci, Jawa Timur pada 14-20 September 2023. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul perolehan elektabilitas dengan 43,9 %. Disusul Prabowo Subianto, 33,8 %, dan Anies Baswedan 14,4 %.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga merilis elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam simulasi pilpres dengan tiga nama bakal calon presiden (capres) pada 18-20 September 2023. 

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Rabu, mengatakan pada simulasi tersebut, nama Prabowo Subianto paling banyak dipilih oleh responden, yakni mencapai 34 %.  

Selanjutnya, diikuti Ganjar Pranowo dengan 30,4 % dan Anies Baswedan sebesar 22 %. Sedangkan sekitar 13,6 % responden belum menentukan pilihan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya