Erick Thohir Dinilai Punya Modal Lengkap Dampingi Prabowo

Erick Thohir bersama dengan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Instagram @erickthohir

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) pilihan utama dari calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. Hal itu dinilai oleh Guru Besar FISIP Universitas Airlangga, Prof Dr Hotman Siahaan yang mengatakan Ketum PSSI tersebut memiliki modal yang lengkap untuk mendampingi Prabowo.

Waskita Targetkan 5 Paket Proyek Bendungan Rampung Tahun Ini, Intip Progresnya

"Untuk cawapres Prabowo saya melihat ada Erick Thohir yang menjadi kandidat paling diunggulkan," kata Prof Hotman saat dihubungi, Rabu, 18 Oktober 2023.

Menurut Prof Hotman, Erick Thohir mempunyai elektabilitas yang sangat kokoh sebagai cawapres. Selain itu, Erick Thohir ini juga punya pengalaman yang banyak untuk menjadi pendamping dari Prabowo.

Maknai Harkitnas, Pertamina Berikan Kado Terbaik untuk Kebangkitan UMKM di Indonesia

Menteri BUMN RI, Erick Thohir

Photo :
  • PNM

Baik pengalaman dalam upaya pemenangan pilpres, maupun dalam pemerintahan nasional. Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan mantan Ketua TKN Jokowi – Ma’ruf di Pilpres 2019 lalu dan kini pemimpin nasional dengan tiga posisi strategis yakni Menteri BUMN, Ketum PSSI dan Menko Marves ad interim pengganti sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang tengah melakukan perawatan medis.

PSSI dan KNVB Jalin Kerja Sama, Ini yang Bakal Direncanakan

"Erick Thohir ini cawapres dengan elektabilitas tinggi ya. Tentu itu berkat kinerjanya yang berhasil dalam berbagai bidang," ujar Prof Hotman.

Erick Thohir memang menjadi figur cawapres dengan raihan suara tinggi di beberapa lembaga survei. Seperti rilis Poltracking Indonesia terbaru, Eks Presiden Inter Milan ini berada di posisi teratas dengan perolehan 21,4 persen suara dengan responden Jawa Timur.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Photo :
  • ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

Elektabilitas yang tinggi tersebut diiringi dengan kinerja keras Erick Thohir yang berhasil di BUMN dan PSSI. Misalnya saja di perusahaan pelat merah, Erick Thohir berhasil meningkatkan laba menjadi Rp 303,7 triliun pada 2022, naik sebesar Rp 179 triliun dari tahun sebelumnya.

Tak hanya itu, pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini juga memiliki rekam kerja yang sangat bagus di PSSI yang mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap sepak bola Indonesia. Ia berhasil membuat masyarakat Indonesia sekaligus Presiden Jokowi bangga seperti berhasil menghadirkan pemain Timnas Indonesia berkualitas, sehingga mampu meloloskan timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2024. 

"Erick Thohir telah bertanggung jawab menunjukkan keberhasilan di BUMN dan PSSI sehingga mendapatkan prestasi dan kebanggaan untuk masyarakat," pungkas Prof Hotman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya