Jadi Cawapres Ganjar, Mahfud MD Sebut Sudah Kirim Surat ke Jokowi

Ganjar Pranowo-Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Menko Polhukam, Mahfud MD terpilih sebagai cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Mahfud menegaskan bahwa dirinya sudah berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo usai ditunjuk menjadi cawapres Ganjar.

Jokowi Sets New Rule for Social Health Insurance

"Saya sudah kirim surat [ke Jokowi]. Surat pemberitahuan," kata Mahfud usai deklarasi di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Megawati resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo pada Rabu, 18 Oktober 2023. Keputusan Megawati ini diumumkan tak lama setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan soal batas usia capres-cawapres.

PNS Terobos ke Belakang Jokowi Diamankan Paspampres, Kolonel Herman: Hindari Hal Tak Diinginkan

Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar pranowo, adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD" kata Megawati, di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2023.

Khofifah Beberkan Arahan Jokowi ke Forum Rektor untuk Percepatan Indonesia Emas 2045

Penunjukan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar, dipastikan tidak dilakukan secara asal. Megawati memiliki berbagai pertimbangan mengapa menjatuhkan pilihan kepada Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar.

"Saya mencermati seriusnya persoalan akibat liberalisasi politik dan perekonomian kita, yang akhirnya berdampak pada meningkatnya kasus korupsi, dengan berbagai persoalan tersebut saya pikirkan dengan seksama sebagai latar belakang," ujar Megawati.

Sementara itu, Mahfud MD menyatakan kesediaannya berkontestasi dalam Pilpres 2024. Ia juga mengaku akan mendedikasikan diri dan kemampuan ilmunya kepada bangsa dan negara. 

Menkopolhukam itu kemudian menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, yang sudah mempercayai dirinya ikut dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 itu.

Dalam pengumuman itu turut hadir Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono; Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Oedang (OSO).

Sementara itu, Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno beserta elit PPP juga turut hadir di DPP PDIP. Selain itu, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dan elit parpol pendukung Ganjar lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya