Jokowi-Gibran Gak Nongol di Deklarasi Mahfud MD Cawapres Ganjar, Begini Alasan PDIP

Ganjar Pranowo-Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD resmi jadi bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Deklarasi itu diumumkan langsung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dari markas DPP PDIP.

Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Layanan Starlink saat WWF di Bali

Dalam deklarasi itu, hanya petinggi dan jajaran elite parpol koalisi yang hadir. Tak ada Presiden Jokowi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang keduanya merupakan kader PDIP.

Terkait itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan pihaknya memaklumi absennya Jokowi di markas banteng moncong putih hari ini. Sebab, Jokowi tengah kunjungan kerja ke Beijing, Tiongkok.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

“Jadi, kami memahami ketidakhadiran atau ketidakbisaan hadirnya bapak Jokowi pada pengumuman capres-cawapres pada kesempatan ini. Karena ada tugas yang lebih penting yang harus dikerjakan oleh bapak presiden,” kata Puan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

Pertemuan Bilateral Presiden Jokowi dengan PM RRT Li Qiang, Beijing, 17 Oktober 2023.

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi Sets New Rule for Social Health Insurance

Selain Jokowi, Wali Kota Solo yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka juga tidak hadir dalam momentum pengumuman capres cawapres. Puan berkilah bahwa pada giat ini memang undangan hanya ketum parpol beserta jajarannya. Selain itu, kata Puan, turut diundang pula relawan dan tim pemenangan nasional (TPN).

“Memang di acara ini yang diundang itu hanya ketua umum partai beserta jajarannya, juga dari partai-partai lain juga teman-teman, rekan-rekan relawan dan tim sukses atau tim pemenangan nasional dan Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD," ujarnya.

"Tidak semuanya bisa kami undang karenanya tadi kami membuka zoom untuk semua bisa melihat melalui zoom,” kata Puan.

Putra Jokowi sekaligus Bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Puan juga membantah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pecah kongsi dengan Presiden Jokowi. Rumor pecah kongsi tersebut mencuat lantaran isu Gibran maju jadi bakal cawapres Prabowo Subianto.

"Enggak ada pecah kongsi, sama sekali semuanya baik baik saja," kata Puan Maharani kepada wartawan di DPP PDIP, Rabu, 18 Oktober 2023.

Lebih lanjut, dia menuturkan, pihaknya dengan Jokowi saling menghargai dan menghormati. Ia juga setuju dengan pernyataan Jokowi bahwa cawapres merupakan kewenangan dari partai politik (parpol).

Sudah Undang Jokowi

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyampaikan Jokowi diundang dalam pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Undangan tersebut, kata Hasto, sudah dikirim ke Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung.

"Kalau terkait bapak presiden Jokowi, kami sudah sampaikan kepada mas Pramono anung wibowo yang mendampingi bapak presiden," kata Hasto kepada wartawan di DPP PDIP, Rabu, 18 Oktober 2023.

Namun, Jokowi tak bisa hadir karena sedang menjalankan tugas kenegaraan. "Bahwa hari ini memang diumumkan dan beliau sedang menjalankan tugas kenegaraan," kata Hasto.

Di sisi lain, PDIP mengundang seluruh kader dalam pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Kata Hasto, PDIP, juga telah melakukan rapat berulang kali secara daring untuk menentukan waktu pengumuman tersebut.

"Kami mengundang seluruh kader anggota simpatisan partai dan juga seluruh rakyat indonesia. Dengan menggunakan teknologi itulah maka pak Ganjar, prof Mahfud MD bisa hadir di depan rakyat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya