Jokowi Ungkap Isi Pembicaraan Prabowo dan Airlangga di Istana Usai Golkar Usung Gibran

Presiden Jokowi dan Gus Yahya di acara Apel Hari Santri 2023, di Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Menteri Pertahanan RI sekaligus bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Menteri Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menemui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Sabtu, 21 Oktober 2023 sore.

Eks Ajudan Prabowo Blusukan di Kampung Solo Demi Maju Cagub Jateng

Pertemuan itu dilakukan setelah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, diusulkan oleh Partai Golkar untuk menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo pada Pemilu Presiden 2024.

Jokowi membenarkan adanya pertemuan itu. Kata Jokowi, pertemuan itu hanya diisi laporan rutin dari Prabowo dan Airlangga selaku menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Prabowo Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 8 Persen, Menko Airlangga Ungkap Sektor yang Bakal Digenjot

.

Zulkfili Hasan, Prabowo dan Erick Thohir di acara Hari Santri 2023, Surabaya

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Prabowo Siapkan Makan Siang-Susu Gratis, Bursah Zanubi: Program Pembangunan Manusia RI

"Ya kan sudah satu minggu tidak ketemu. Ya biasa, laporan-laporan di hari Sabtu, Minggu. Biasa, dengan menteri ketemu, laporan," kata Jokowi kepada wartawan di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 22 Oktober 2023.

Saat disinggung ada tidaknya pembahasan soal hasil Rapimnas Partai Golkar, Jokowi tak mengiyakan maupun membantah. Adapun hasil Rapimnas Golkar menyatakan mengusung Prabowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres.

"Rapimnas itu urusannya Golkar. Urusannya apa Golkar melaporkan kepada presiden," ungkapnya. 

Sebelumnya diberitakan, bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, dikabarkan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Sabtu sore, 21 Oktober 2023. Berdasarkan rekaman video yang diterima VIVA, Prabowo yang mengenakan kemeja putih itu terlihat keluar dari Istana Negara dan meninggalkan lokasi tersebut sekitar pukul 16.25 WIB.

Golkar Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres Prabowo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu terpantau mengenakan kemeja putih dan celana panjang berwarna krem serta terlihat keluar dari pintu VVIP atau pintu Bali. Kemudian Prabowo yang dikawal sejumlah ajudannya terlihat langsung menaiki mobil Toyota Alphard berpelat nomor B 108 PSD dan pergi meninggalkan area Ring 1 tersebut dengan pengawalan.

Lima menit setelahnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terlihat tiba di Istana Negara. Dia pun masuk ke pintu yang sama dengan yang sebelumnya dilalui oleh Prabowo Subianto.

Pertemuan itu dilakukan setelah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, diusulkan oleh Partai Golkar untuk menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo pada Pemilu Presiden 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya