Rommy-PPP Sebut Jokowi Pernah Disoraki Kader PDIP Usai Bikin Megawati Marah

Presiden Jokowi di Rakernas II PDIP
Sumber :
  • Youtube PDIP

Jakarta – Kabar beredar menyebutkan adanya ketegangan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Situasi ini semakin rumit dengan manuver politik beberapa anggota keluarga Jokowi, termasuk Gibran Rakabuming Raka yang menerima pinangan Partai Golkar untuk menjadi bakal calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto.

Pembukaan Kongres PDI Perjuangan di Bali

Photo :
  • Antara/Andika Wahyu
Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Atas isu ini, cerita mengenai Jokowi pada Kongres V PDIP di 2015 kembali menjadi sorotan, seperti yang ditampilkan di TikTok @dejokabas. Disebutkan bahwa meski Jokowi telah dilantik sebagai presiden saat itu, ia mendapat respons yang kurang hangat dari PDIP.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP, Muhammad Romahurmuziy alias Rommy. Ia mengingatkan bahwa kongres di Bali itu diadakan pertama kali pasca kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2014.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

“Menang Pilpres (2014) waktu itu yang diusulkan sebagai Kapolri kan Pak BG,” kata Rommy merujuk pada sosok Kepala BIN Budi Gunawan, dikutip pada Senin, 23 Oktober 2023.

“Terus beliau (Budi Gunawan) menjadi tersangka di KPK oleh Abraham Samad, kemudian tetap di fit and proper sama DPR, masih ingat? Terus kemudian pra peradilan beliau menang, bebas dari posisi tersangka. Terus kemudian tetap dibatalkan sebagai calon Kapolri,” sambungnya.

Pembukaan Kongres PDI Perjuangan di Bali

Photo :
  • Antara/Andika Wahyu

Saat itu, semua anggota DPR RI sejatinya setuju dengan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Namun, keputusan itu akhirnya dibalikkan oleh Jokowi dan posisi tersebut diberikan kepada Badrodin Haiti. 

Setelah permasalahan seputar Kapolri, Jokowi menghadiri Kongres V PDIP di Sanur, Bali. Di momen tersebut, Rommy menyebutkan bahwa Jokowi mendapatkan respons yang kurang hangat dari sesama anggota partainya. 

“Waktu itu Pak Jokowi masuk ke ruangan itu betul-betul berjalan sendiri tanpa Paspampres menggunakan jaket merah dan seluruh hadirin di situ, kader-kader PDI Perjuangan, meneriaki ‘Huuu…’ kepada beliau,” kata Rommy. 

“Hari itu Ibu (Megawati) sedang marah betul dengan Pak Jokowi karena dibatalkannya Pak BG pada waktu itu sebagai calon Kapolri. Semua syarat sudah dipenuhi kok, begitu, dan saya menyaksikan marahnya Ibu,” beber Rommy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya