Hasil Rapimnas Gerindra: Sepakat Menangkan Prabowo dan Gibran di Pilpres 2024

Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Partai Gerindra telah menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada Senin, 23 Oktober 2023. Rapimnas tersebut salah satunya membahas soal deklarasi dukungan terhadap bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, hasil rapimnas memutuskan semua kader sepakat memenangkan Prabowo dan Gibran pada Pilpres 2024.

"Tadi sepakat bahwa seluruh pengurus Gerindra baik dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat paling bawah akan bergerak untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran. Itu yang pertama," kata Dasco kepada wartawan, Senin, 23 Oktober 2023.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Selain bicara soal kesepakatan memenangkan Prabowo-Gibran, dalam rapimnas itu juga dijelaskan terkait pendaftaran ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Prabowo Subianto, Rapimnas Partai Gerindra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo-Gibran Hadiri Halalbihalal PBNU, Disambut Menag dan Gus Yahya

"Tadi juga telah disepakati bahwa soal-soal teknis lah, kira-kira pendaftaran ke KPU untuk hari Rabu, nanti kita akan kasih tahu awak media bagaimana prosesi, dan kalau mau meliput bagaimana caranya," kata Dasco.

Seperti diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi dideklarasikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Deklarasi langsung diumumkan Prabowo di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu malam, 22 Oktober 2023.

Deklarasi itu disampaikan Prabowo usai rapat dengan sejumlah Ketua Umum KIM, yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, hingga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. 

"Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo, Minggu, 22 Oktober 2023. 

Prabowo mengatakan, untuk berikutnya dirinya bersama Gibran akan mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. 

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, dan ini yang disampaikan ke masyarakat umum, tanggal 25 akan daftar di KPU," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya