DPR Warning Kapolri: Anak Buahnya Jangan Terlibat Politik Praktis

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Gilang Dhielafararez
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI, Gilang Dhielafararez menilai pentingnya netralitas Polri dalam Pemilu 2024. Sebagai institusi negara, Polri yang bertugas mengamankan jalannya Pemilu diharap bisa bekerja secara profesional dan menjunjung tinggi integritas.

MKD Pastikan Pelat DPR di Mobil Alphard Tempat Brigadir RAT Bunuh Diri Palsu

“Masyarakat menaruh harapan besar terhadap Polri untuk memberi keamanan selama tahapan Pemilu berlangsung. Keamanan ini dapat tercipta bila Polri berdedikasi untuk menghadirkan Pemilu yang damai, termasuk memastikan agar seluruh personelnya bebas dari politik praktis,” kata Gilang dalam keterangannya diterima Jumat, 3 November 2023. 

Lebih lanjut, Gilang meminta agar pejabat Polri bisa menjadi teladan bagi para anak buahnya. Ditekankan Gilang, selain memberi pengarahan dan pengawasan, para pejabat Polri pun perlu memberikan contoh penerapan netralitas di Pemilu.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

"Penting bagi petinggi Polri untuk selalu menjaga kredibilitasnya. Karena komandan atau pejabat Polri adalah panutan untuk jajaran yang mereka pimpin,” kata Gilang.

Ilustrasi Polisi saat Perayaan HUT Polri (foto/antara)

Photo :
  • vstory
Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Menurut Gilang jika atasan bekerja dengan cara terpuji, maka anak buah akan mengikuti. Begitu pula sebaliknya apabila atasannya melenceng, maka bawahannya pun tidak takut untuk melakukan pelanggaran. 

Gilang menjelaskan, netralitas Polri merupakan hal fundamental yang harus dijaga demi adilnya pelaksanaan demokrasi pada proses Pemilu. Apalagi, kata Gilang, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga sudah memberi peringatan tegas kepada jajaran Polri agar tidak berpihak terhadap partai apapun.

"Tentunya komitmen Kapolri tersebut akan terus dikawal oleh masyarakat, bahwa Polri tidak akan memihak kepada peserta Pemilu dan berupaya membantu menciptakan Pemilu yang aman dan damai,” kata Legislator dari Dapil Jawa Tengah II itu.

Gilang menambahkan, peran pejabat Polri sangat signifikan di tengah menghangatnya dinamika politik. Para pimpinan satuan Polri pun disebut menjadi wajah Korps Bhayangkara tersebut di setiap wilayah.

Untuk itu, pimpinan satuan maupun organ Polri diingatkan untuk memberi pengarahan yang jelas kepada jajarannya. Termasuk agar semua anggota Polri bisa tegas dan profesional saat dihadapkan dalam situasi dilematis yang bersinggungan dengan ranah politik praktis. 

“Komandan maupun pimpinan Polri memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan anggotanya agar tidak terlibat dalam tindakan politik yang dapat mengganggu proses demokrasi. Sebagai penegak hukum, anggota kepolisian pantang melakukan pelanggaran. Apalagi sampai mengabaikan amanat dari UU yang mengatur mengenai netralitas Polri di Pemilu,” kata Gilang.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Seperti diketahui, UU Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia mewajibkan agar setiap anggota Polri bersikap netral dalam politik. Instrumen itu juga mengatur anggota Polri untuk tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. 

Di sisi lain, Gilang menekankan pentingnya anggota Polri menjalankan tugas sebagai personel pengamanan Pemilu dengan integritas yang tinggi. Menurutnya, itu termasuk dalam hal pencegahan konflik, penegakan hukum, dan perlindungan hak asasi manusia (HAM).

"Segala bentuk ancaman yang dapat menganggu kelancaran proses Pemilu, perlu diantisipasi pihak kepolisian. Peran Polri dibutuhkan untuk memastikan tidak ada pihak yang ingin merusak jalannya proses Pemilu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 40 tersangka terorisme anggota Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang disebut hendak menggagalkan pelaksanaan Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya