Jokowi: Jangan Sampai Para Capres Sudah Makan Bareng tapi di Bawah Masih Ribut

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya-tangkapan layar

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat akan momen ketika dia mengundang para bakal calon presiden—Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo—untuk makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta, pada 30 Oktober 2023.

Pilgub Banten 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Momen tersebut, kata Jokowi, untuk menyampaikan pesan kepada publik bahwa para calon pemimpin bangsa harus tetap rukun meskipun akan bersaing ketat dalam Pemilu Presiden 2024.

"Jangan sampai yang di atas sudah makan-makan bersama, [tetapi] yang di bawah, di daerah, masih ribut-ribut. Ini yang perlu kita jaga bersama-sama," kata Jokowi dalam pidatonya pada Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggara Pemilu di Jakarta, Rabu, 8 November 2023.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Presiden Jokowi Makan Siang Bareng Para Capres Pilpres 2024

Photo :
  • Biro Setpres

Jokowi menekankan, demokrasi mengajarkan bangsa Indonesia bahwa persaingan dan perbedaan pilihan dalam pemilu merupakan hal wajar. Namun, kerukunan bangsa tetap harus dijaga dan tidak boleh dikorbankan.

Kunjungi Pasar Laino Raha, Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga Muna

Demokrasi di Indonesia saat ini, katanya, sudah makin berkualitas. Masyarakat Indonesia juga makin bijaksana dalam memilih dan makin dewasa dalam bersikap.

"Karena pemilu adalah pestanya rakyat, harusnya rakyat itu bergembira, harusnya itu. Rakyat dalam berpesta bersuka cita, bukan kekhawatiran, bukan keresahan, bukan kerisauan yang hadir, tapi kegembiraan dan suka cita," kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi mendorong seluruh pihak untuk melakukan upaya bersama agar Pemilu 2024 dapat menjadi ajang konsolidasi yang menghasilkan ide serta gagasan taktis dan solutif bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung dan didukung Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung dan didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung dan didukung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya