Rakornas Penyelenggara Pemilu, Jokowi Kembali Ingatkan Jangan Ada Intervensi

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya-tangkapan layar

Jakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan jangan ada yang mencoba mengintervensi Pemilu 2024. Sebab pemilu merupakan ajang demokrasi yang sangat besar dan diawasi oleh seluruh unsur masyarakat hingga di tempat pencoblosan. 

Presiden Iran Tewas, Pakistan Deklarasi Hari Berkabung dan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Demikian dikatakan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di acara Rakornas Penyelenggara Pemilu, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu, 8 November 2023. 

Jokowi mulanya membantah anggapan pihak yang menyebutkan jika pemilu mudah diintervensi. Dia menegaskan pemilu diawasi semua pihak, jadi sangat sulit melakukan intervensi-intervensi.

Harga Minyak Melonjak usai Kabar Presiden Iran Tewas

Presiden Jokowi di Acara Kompas 100 CEO Forum, Kawasan IKN, 2 November 2023

Photo :
  • Setpres

"Sekali lagi ini pemilu yang sangat besar, yang sangat demokratis. Banyak yang menyampaikan bahwa pemilu kita ini gampang diintervensi. Diintervensi dari mana, di setiap TPS itu ada saksi partai-partai. Semua TPS ada saksi dari partai-partai, belum juga aparat yang juga ada di dekat TPS artinya apa pemilu ini pemilu yang sangat terbuka bisa diawasi oleh siapa saja,oleh masyarakat dan oleh media dan lain-lain," kata Jokowi.

Detik-detik Jenazah Presiden Iran Dievakuasi

Jokowi lantas mengingatkan jangan ada yang mencoba untuk mengintervensi pemilu. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengistilahkan Pemilu 2024 merupakan hajatan yang sangat besar.

"Jadi jangan ada yang mencoba-coba untuk mengintervensi, karena jelas sangat-sangat sulit, karena di TPS tadi saya sampaikan ada saksi-saksi-saksi-saksi dari partai-partai politik," kata Jokowi.

Kepala Negara dalam kesempatan sama juga meminta semua penyelenggara pemilu untuk mempersiapkan sedetail mungkin semua tahapan pemilu. Jokowi mendorong semua pihak turun ke lapangan.

"Oleh sebab itu, saya ingatkan kepada kita semua agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail, mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail harus dicek harus diawasi harus turun ke lapangan untuk melihat," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyarankan agar penggunaan teknologi dimaksimalkan. Sehingga, penyelenggaraan pemilu serentak 2024 bisa berjalan lancar dan damai.

"Kalau bisa gunakan teknologi terkini karena tadi anggarannya sudah naik 200 persen untuk DKPP. Lakukan inovasi dengan masukan-masukan dari rakyat sehingga kita bisa menjaga suhu politik tetap kondusif tetap aman dan damai," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya