Ini yang Akan Terjadi di Pemerintahan Iran Jika Presiden Raisi Tewas

Presiden Iran Ebrahim Raisi
Sumber :
  • France 24

Teheran – Tim penyelamat di Iran berlomba untuk menemukan lokasi jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi beserta rombongannya untuk mengetahui nasib semua penumpang di dalamnya.

Hari Ini Paripurna DPR RI Putuskan Revisi UU Kementerian

Namun, jika Raisi dinyatakan tewas, bagaimana dengan gejolak politik di Iran?

Titik koordinat jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi

Photo :
  • IRNA
Gus Yahya Minta Para Pejabat Baru GP Ansor Tiru Jokowi

Ini adalah gambaran singkat menurut konstitusi Iran, yang akan terjadi jika seorang presiden tidak mampu atau meninggal saat menjabat:

Dilansir dari NDTV, Senin, 20 Mei 2024, berdasarkan pasal 131 konstitusi Republik Islam, jika seorang presiden meninggal saat menjabat, maka wakil presiden pertama akan mengambil alih jabatan tersebut, dengan persetujuan dari pemimpin tertinggi, yang mempunyai keputusan akhir dalam segala urusan negara.

Jokowi Khawatir Perang di Gaza Palestina Makin Dongkrak Harga Minyak Dunia

"Sebuah dewan yang terdiri dari wakil presiden pertama, ketua parlemen dan ketua pengadilan harus mengatur pemilihan presiden baru dalam jangka waktu maksimal 50 hari," menurut undang-undang.

Di Iran, pemimpin tertinggilah yang berhak memutuskan semua urusan negara, bukan presiden, termasuk kebijakan luar negeri dan program nuklir.

Oleh karena itu, jika sesuatu terjadi pada Raisi, perubahan signifikan dalam kebijakan Republik Islam secara keseluruhan tidak mungkin terjadi.

Helikopter SAR lakukan pencarian jatuhnya helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

Photo :
  • Ali Hamed Haghdoust/IRNA via AP

Raisi diketahui telah menjadi presiden Republik Islam sejak Juni 2021, menggantikan Hassan Rouhani yang moderat, pada masa jabatan ketika Iran menghadapi krisis dan konflik.

Ia mengambil kendali negara yang sedang dilanda krisis sosial dan perekonomian yang tertekan akibat sanksi AS terhadap Teheran terkait program nuklirnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya