KPU Undi Nomor Urut 3 Pasangan Capres-Cawapres Besok Malam

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengundi penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Selasa, 14 November pukul 18.30 WIB. Tiga pasangan sudah resmi diumumkan KPU kontestan resmi Pilpres 2024.

KPU Sebut Hanya 2 Bakal Pasangan Calon Independen Pilgub yang Penuhi Syarat Dukungan, Siapa Saja?

"KPU akan melaksanakan tahapan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden. Rencananya akan digelar di kantor KPU pada Selasa 14 November 2023 jam 18.30 WIB sampai dengan selesai," ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Kholik dalam konferensi persnya di Kantor KPU RI, Senin, 13 November 2023.

Konferensi pers KPU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat
KPU Akan Gelar RDP Bareng DPR Hari Ini, Bahas Evaluasi Pemilu 2024

Idham mengatakan bahwa penetapan nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden itu juga sesuai dengan ketentuan yang tertuamg dalam pasal 235 ayat (2) acara rapat pleno KPU terbuka. 

"Sebagaimana ketentuan yang terdapat di dalam pasal 235 ayat 2 acara rapat pleno KPU terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden," kata Idham.

KPU Terima Syarat Dukungan 21 Bakal Pasangan Calon Independen Pilwalkot 2024, Tolak 6 Lainnya

Sebelumnya, KPU resmi menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres sebagai kontestan Pilpres 2024. Penetapan tiga pasangan itu setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan tes kesehatan.

Tiga pasangan tersebut yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Tiga pasangan calon Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019," kata Anggota KPU Idham Holik di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Tiga pasangan tersebut sudah mendaftar ke KPU dalam masa tahapan dari 19 Oktober sampai 25 Oktober 2023. Tiga pasangan capres dan cawapres itu juga secara bergantian sudah menjalani tahapan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Anies-Muhaimin yang disokong Koalisi Perubahan untuk Persatuan mendaftar pada Kamis, 19 Oktober 2023.
Duet yang dikenal nama Amin itu diusung poros Nasdem, PKB, dan PKS.

Selanjutnya, pasangan Ganjar-Mahfud juga mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Ganjar-Mahfud didukung poros PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Kemudian, duet Prabowo-Gibran sudah mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023. Pasangan Prabowo-Gibran itu diusung Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Gelora, Garuda, dan Prima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya