Ingatkan Bahaya Ketimpangan, Anies Beri Contoh Balkanisasi di Yugoslavia: Ini Membahayakan!

Calon Presiden Anies Baswedan di Mujadalah Kiai Kampung.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama.

Jakarta – Calon presiden (capres) nomer urut satu, Anies Baswedan mengatakan, saat ini memang sangat bahaya jika terjadi sebuah ketimpangan pada suatu negara. Dia pun memberikan contoh terkait adanya balkanisasi yang terjadi di Yugoslavia.

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

"Ingat balkanisasi, balkanisasi itu di Yugoslavia pecah menjadi 7 negara," ujar Anies Baswedan kepada wartawan, Minggu 26 November 2023.

Capres Anies Baswedan saat menghadiri Dialog Terbuka Muhammadiyah di UMS

Photo :
  • tvMU
Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Anies menyinggung terkait dengan Yugoslavia yang mengalami peristiwa geopolitik karena berkaitan dengan konflik etnis. Menurutnya, hal yang terjadi di Yugoslavia itu merupakan ketimpangan yang tidak bisa dikendalikan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta menjelaskan dari ketimpangan ekonomi hingga kesejahteraan perlu dituntaskan. Karena faktor pemicu itu berujung pada keretakan.

Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Anies Bungkam karena Takut Dibilang Geer

"Konflik etnis itu di paling ujung, sebelum itu selama durasi waktu yang panjang, ketimpangan ekonomi yang kontras sekali, ketimpangan lapangan pekerjaan dan ketika itu dibiarkan begitu saja, pemantiknya bisa apa saja, muncul lah keretakan," ucap Anies.

Menurutnya pembangunan upaya pembangunan kualitas manusia harus serius dibereskan secara teritorial. Sebab, masih terdapat sebuah ketimpangan yang terjadi di Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah Sumatra dan Jawa.

"Ini membahayakan keterlambatannya 10 tahun," kata dia.

Adapun, IPM Sumatra dan Jawa pada 2013 sejumlah 69,83 dan pada 2022 yakni 74,19. Sedangkan, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua pada 2013 sejumlah 64,81 dan pada 2022 baru mencapai 69,47.

"Bila ini tidak diselesaikan maka tadi pertumbuhan ekonomi, timpang penyediaan lapangan pekerjaan, lalu kualitas SDM-nya timpang. Maka bila kita bicara persatuan Indonesia maka menjaganya akan sangat sulit sekali," beber Anies.

Capres Anies Baswedan di acara Dialog Muhammadiyah di UMS Surakarta

Photo :
  • TV Muhammadiyah

Diketahui, Anies Baswedan maju di Pilpres 2024 dari Koalisi Perubahan bersama dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Partai pengusungnya itu yakni Partai Nasdem, PKS dan PKB.

Anies-Cak Imin telah resmi menyandang nomor urut satu dalam kontestasi pilpres 2024 nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya