Prabowo-Gibran Bakal Mulai Kampanye Pilpres di Jabodetabek

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rakornas Gakkumdu Bawaslu
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan memulai kampanye politiknya di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Hal itu dikatakan Prabowo usai menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu dengan tema “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat".

“Kita mulai bagi tugas, yang muda bergerak kemana-mana,” kata Prabowo sambil kepada wartawan di Grand Sahid Hotel, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2023.

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

“Kita kick off di sekitar Jabodetabek,” sambungnya.

Pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Tegaskan Lanjut Bangun IKN, Prabowo: Kita Harus Investasi Lebih Banyak Selamatkan Jakarta

Seperti diketahui, masa kampanye capres-cawapres yang mengikuti kontestasi Pilpres 2024 akan dimulai besok, Selasa, 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Masa kampanye berlangsung selama 75 hari. 

Sebelumnya diberitakan, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden serta 18 parpol peserta Pemilu 2024 resmi menandatangani Deklarasi Kampanye Damai Tertib dan Taat Hukum peserta Pemilu 2024.

Penandatanganan deklarasi tersebut dilakukan pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu dengan tema “Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat".

Sebelum penandatanganan deklarasi, dilakukan lebih dulu pembacaan komitmen yang dibacakan Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi sebagai perwakilan parpol.

"Kami peserta pemilu tahun 2024 mendeklarasikan diri berkomitmen untuk, satu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman tertib dan damai selama penyelenggaraan pemilu," kata Aboe Bakar, Senin, 27 November 2023.

"Melaksanakan kampanye pemilu dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku antara lain tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye pemilu," sambungnya.

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi

Photo :
  • Dok. Istimewa

Poin selanjutnya, Aboe Bakar mewakili parpol lain juga sepakat untuk tidak melakukan politisasi sara serta melakukan kampanye di tempat ibadah.

"Tiga, tidak melakukan politisasi sara menyebarkan hoax ujaran kebencian dan perbuatan politik yang selama politik uang selama penyelenggaraan pemilu," ucapnya.

"Keempat, tudak memanfaatkan tempat ibadah dalam melaksanakan kampanye," jelas Aboe Bakar.

Setelah komitmen dibacakan, perwakilan parpol dan tiga pasangan capres-cawapres pun menandatangani deklarasi secara bergiliran. Setelahnya, penandatanganan deklarasi serupa juga dilakukan tiga pasangan capres-cawapres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya