Anies Persiapkan Bertahun-tahun Lalu Buat Debat Capres: Bukan Kayak Cerdas Cermat Harus Belajar

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU RI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya sudah sangat siap untuk menghadapi debat capres-cawapres sebagai salah satu rangkaian dari Pilpres 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU), telah menentukan jadwal debat, yang digelar sebanyak 5 kali itu.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Anies mengaku, bahwa persiapan untuk menghadapi debat ini sudah dilakukan jauh hari. Sehingga capres nomor urut 1 itu, siap menjalaninya.

"Persiapannya sudah bertahun-tahun yang lalu," ujar Anies kepada wartawan di Jakarta,  Rabu 29 November 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Anies menuturkan, kalau dirinya siap menghadapi kompetisi di Pilpres 2024 nanti. Sebab, menurutnya, debat itu bukanlah hal yang harus dipelajari sejak lama, karena itu sudah menempel di kepala masing-masing.

"Kan ini bukan kayak cerdas cermat yang harus belajar," kata Anies.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, telah menetapkan jadwal debat calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pilpres 2024.  Ada 5 sesi debat yang akan dilangsungkan. Debat perdana akan diselenggarakan pada Selasa, 12 Desember 2023 di Jakarta.

Jadwal debat capres-cawapres itu dibenarkan oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, dalam pesan singkatnya saat dikonfirmasi awak media.

“Iya benar, (debatnya) di Jakarta,” kata Hasyim, di Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Hasyim lantas memberikan urutan jadwal debat capres-cawapres yang akan digelar sebanyak 5 kali tersebut. Debat pertama diselenggarakan pada 12 Desember 2023 dan dilanjut sesi kedua yaitu tanggal 22 Desember 2023.

Kemudian debat ketiga digelar pada tanggal 7 Januari 2024. Untuk debat sesi keempat di tanggal 14 Januari 2024, dan terakhir atau debat sesi ke-5 pada 4 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya