Omongan 'Ndasmu Etik' Viral, Prabowo: Bicara Orang Banyumas Biasalah Begitu

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dok.istimewa

Blitar - Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto buka suara terkait omongan 'ndasmu etik' di acara internal Partai Gerindra yang kemudian bocor di media sosial. Dia menjelaskan ucapan itu disampaikan di internal keluarga Gerindra. 

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

"Itu kan di dalam, di antara keluarga, ya kan. Tapi, biasa orang Indonesia mencari-cari, mau dibesar-besarkan. Itu di antara keluarga kita bicara," kata Prabowo usai menghadiri acara deklarasi di Blitar, Jawa Timur, Minggu, 17 Desember 2023. 

Prabowo mengatakan, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan. Sebab, hal itu merupakan acara internal partai. 

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

"Itu kan bicara orang Banyumas biasalah bicara-bicara begitu. Nggak usah dibesar-besarkan," jelasnya.

Prabowo Subianto di acara Konsolidasi Nasional Partai Gerindra

Photo :
  • Istimewa
Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

Adapun pernyatan Prabowo mengenai 'ndasmu etik' diduga terkait pertanyaan saat debat perdana capres menyangkut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Majelis Kehormatan MK (MKMK) soal batas usia capres cawapres.

Viral video pernyataan Prabowo yang diduga menyinggung  isi debat perdana capres di KPU RI, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. Omongan Prabowo itu jadi sorotan karena menyebut kata dalam bahasa Jawa “ndasmu etik”.

Prabowo menyampaikan itu saat Rakornas Partai Gerindra di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023. Dia berkelakar mengenai pertanyaan  apres Nomor Urut 1 Anies Baswedan terhadapnya.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik? Etik, etik, etik. Ndasmu etik (kepalamu etik),” kata Prabowo di hadapan para kader Gerindra yang disambut gelak tawa peserta rapat.

Sementara, Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak beri penjelasan soal ucapan Prabowo yang menyebut 'ndasmu etik'. Pernyataan Prabowo itu viral di media sosial seperti platform X.

Dahnil menuturkan omongan Prabowo tersebut hanya bercanda di depan para kader Gerindra. Pernyataan itu juga disampaikan dalam acara internal Gerindra.

"Pak Prabowo senang bercanda, itu becandaan Pak Prabowo ke kader-kader Gerindra, seribu persen bercanda. Pak Prabowo hubungannya dengan Pak Ganjar baik, dengan Pak Anies baik. Bercanda ke sesama sahabat," ujar Dahnil, Sabtu, 16 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya