Kelakar Cak Imin Soal Jangan Coblos Dua atau Tiga Kali: Itu Enggak Sah, Nyoblosnya Satu

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/Zendy

Bekasi – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berkelakar kalau masyarakat Indonesia sebaiknya jangan coblos dua atau tiga kali dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. Sebab itu tidak akan menjadi suara yang sah.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Hal itu disampaikan oleh Cak Imin ketika berpidato di hadapan emak-emak di GOR PGRI Bekasi, Jawa Barat, Senin, 18 Desember 2023. "Jadi kalau di TPS dibuka sebelah kiri nomor (satu) yang penting nomor satu," kelakar Cak Imin di lokasi.

Cak Imin menjelaskan, jika masyarakat nekat mencoblos dua atau tiga kali maka itu tidak akan menjadi suara yang sah. "Kalau nyoblos dua atau tiga itu enggak sah, nyoblosnya harus satu. Nyblos dua, tiga tidak sah. Kalau dilihat wah lubangnya dua gak sah," kata Cak Imin.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin saat memberikan keterangan pers di sela-sela blusukannya di Glodok, Jakarta Barat, Jakarta, Kamis, 26 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Hendri Sukma Indrawan

"Jadi kalau masuk TPS harus nyoblos yang (satu) nyoblos dua tidak sah, nyoblos tiga tidak sah. Coblos yang nomor," kata Cak Imin dan langsung disambut emak-emak "satu," ujarnya.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Sementara itu, calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan turut menyampaikan sebuah pernyataan yang mirip dengan Cak Imin. Dia menyebutkan kalau coblos itu hanya satu. "Kalau mau nyoblos sah, nyoblosnya berapa?," ujar Anies dijawab "satu".

Dia menyebutkan, tidak sah itu jika seseorang mencoblos lebih dari satu  misal dua atau tiga. "Kalau nggak sah coblos berapa? (Dua) Ya nanti nggak sah suaranya biar sah jadi coblosnya satu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya