Dialog dengan Alumni IPB, Anies Sebut Hanya Paslon 01 yang Masukan Argomaritim dalam Visi Misi

Anies Baswedan.
Sumber :
  • Muhammad AR/VIVA.

Bogor – Tiga Capres nomor urut  01 Anies Baswesan,  nomor urut 02 Prabowo Subianti, dan nomor urut 03 Ganjar Pranowo diundang dialog argomartim dalam acara Food and Agriculture Summit (FAs) III oleh Himpunan Alumni IPB yang akan digelar hingga 19 Desember di International IPB Convention Center (IICC) Botani, Bogor.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

Dalam kesempatan itu, Capres Anies Baswedan menyebut dari tiga pasangan capres hanya pasangan nomor urut 01 yang memasukan argomaritim dalam visi misi. Anies pun menjabarkan apa yang menjadi konsen paslon nomor urut satu untuk Indonesia ke depan.

Saat ini harga pangan mengalami ketimpangan, petani dan nelayan yang belum sejahtera, ketimpangan pangan akibat ketergantungan terhadap impor. Selain itu, tantangan global akibat krisis iklim, dan menghadapi kenyataan bahwa 72 persen petani mayoritas usianya di atas 43 tahun.

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Capres nomor urut satu Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

“Bapak ibu sekalian saya mengingatkan kita semua, lebih dari separuh masyarakat di Indonesia untuk mengeluarkan pangan, dan kita berhadapan dengan kenyataan, penduduk bertambah lahan pertanian berkurang," kata Anies.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Dengan persoalan itu, maka paslon 01 membawa gagasan perubahan menyeluruh pada argomartim untuk mengatasi tantangan tersebut. Argomaritim yang sebelumnya konvensional, menjadi berkelanjutan.

"Tantangan ini semua yang kemudian mengarahkan kita untuk mewujudkan sebagai Revolusi argomaritim. Dan by the way kami sampaikan di sini bahwa dari tiga pasangan calon presiden, visi misi yang menyebutkan diksi argomaritim hanya visi misi pasangan nomor satu," kata Anies.

Dalam wawancara, Anies menyebut Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki kekayaan darat dan laut. Kedua wilayah ini tidak bisa dipisahkan dengan berjalan masing-masing.

"Kebijakan terkait argicuture dan aqua culture, itu tidak dipandang sebagai kebijakan yang terpisah," kata Anies kepada Wartawan, Senin malam 18 Desember 2023.

Anies menilai selama ini kebijakan terkait aqua culture dan agri cultural menjadi dua hal yang seakan-akan berbeda. Dengan pendekatan argomartim maka keduanya menjadi satu kesatuan. Dan kebijakan mata rantai pangan itu sebagai satu kesatuan kebijakan dari mulai produksi sampai ke pasar yang diterima langsung oleh masyarakat.

Mentan Amran bersama Ketua Alumni IPB Walneg

Photo :
  • Kementan

Sementara itu, Ketua DPP Alumni IPB Walneg S Jas, menyampaikan, dalam dialog argomaritim ini para alumni mengundang tiga capres. Dari tiga calon, baru nomor urut 01 dan 03 yang bisa dijadwalkan hadir.

"Untuk undangan kami ada dua Paslon Capres yang akan hadir dalam acara FAS III dan dialog Capres, para Capres yang sudah konfirmasi hadir adalah  Paslon nomor urut 01 Bapak Anies Rasyid Baswedan hadir malam ini," kata di lokasi, Senin 18 Desember 2023.

Selain Anies, Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengonfirmasi akan hadir besok Selasa 19 Des 2023 pukul 14.30 WIB - 16.30 WIB. "Untuk Pak Ganjar besok akan hadir," kata Walneg.

"Untuk pak Prabowo kami masih menunggu konfirmasi," jelasnya.

Lebih lanjut Walneg menegaskan acara ini tidak beragendakan mendukung salah satu capres. Tidak ada deklarasi dan sebagainya, murni mendengar capres dan memberikan juga capres gagasan soal agromaritim sebab masalah yang dimiliki saat ini perlu diselesaikan lewat gagasan yang baik.

"Lewat dialog kita bisa mendorong agar siapa pun yang terpilih untuk membuat kebijakan yang menguntungkan masyarakat. Sehingga kita tidak perlu lagi impor, kita harus bisa hilirisasi di bidang agromaritim karena bila dilakukan bisa menambah nilai tambah secara cepat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya