Balasan Menohok Ridwan Kamil soal Kritikan Cak Imin Sebut Tukang Becak Tak Nikmati Jalan Tol

Mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Rapat Kerja Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat di Bandung, Kamis, 23 November 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Ricky Prayoga

Jakarta - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming, Ridwan Kamil jadi salah satu pihak yang ikut mengomentari cawapres nomor 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mengkritik pembangunan jalan tol tidak dapat dinikmati tukang becak

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

Ada tiga poin yang disampaikan Ridwan Kamil kepada Cak Imin melalui kolom komentar pada sebuah unggahan akun Instagram salah satu media nasional.

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama.
Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Pertama, Ridwan Kamil menjelaskan, keberadaan jalan tol itu bisa mempermudah pengiriman komoditas pangan ke berbagai daerah. Dengan begitu, biaya konsumsi sehari-hari tidak terlalu tinggi karena tidak diberatkan oleh ongkos pengiriman.

"Jalan tol-kiriman sembako lebih cepat dan sampai tujuan-harga lebih murah-makan di warteg mang beca lebih terjangkau," tulis Ridwan Kamil dalam akun instagramnya @ridwankamil, Senin, 18 Desember 2023.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Poin kedua, jalan tol juga disebut lanjut mantan Gubernur Jawa Barat itu bisa memudahkan tukang becak untuk mudik ke kampung halaman. Memang tidak menggunakan becak, namun bisa memanfaatkan jasa transportasi umum seperti bus.

"Mang becak mudik, naik bus, lewat tol 2 jam ketimbang jalur normal 7 jam, Mang becak lebih bahagia," ujarnya.

Sementara poin ketiga, kata Ridwan Kamil, jalan tol bisa memudahkan aktivitas ekonomi masyarakat. "Ribuan kegiatan ekonomi lainnya yg jadi lebih cepat, membuat extra waktu untuk membuat lebih banyak berkegiatan. Pertumbuhan ekonomi meningkat,” kata Kang Emil, begitu ia karib disapa. "Demikian pak, logikanya," kata kang Emil menegaskan kepada Cak Imin.

Capares nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Photo :
  • Dani Randi/Aceh.

Merespons itu, Cak Imin kembali angkat bicara. Imin mengaku hanya menyampaikan apa yang dikeluhkan masyarakat kecil. 

“Terima kasih Kang @RidwanKamil saya cuma menceritakan masyarakat yang mengeluh ke saya. Dan lebih bijak jika konteks pernyataannya disimak secara lengkap, jangan cuma berita sepotong,” balas Cak Imin melalui akun Instagramnya @cakiminow, Senin, 18 Desember 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya