Cak Imin Mau Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Mahfud MD Cecar soal Waktu dan Pendanaannya

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, menanggapi Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, yang berencana untuk membangun 40 kota selevel Jakarta, apabila dirinya menjadi wakil presiden terpilih di Pemilu 2024 nanti.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Mahfud mengaku sangat kaget dengan rencana Cak Imin tersebut, yang diragukannya akan mampu terealisasi dalam kurun waktu 5 tahun masa jabatannya sebagai wakil presiden apabila terpilih kelak.

"Saya agak kaget juga mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Ya apa itu bisa dilaksanakan 5 tahun bapak menjadi Presiden dan Wakil Presiden, berapa kota dalam 5 tahun," kata Mahfud dalam debat Cawapres, di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Muhaimin Iskandar Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia mencontohkan, IKN Nusantara saja yang sudah direncanakan selama puluhan tahun, baru bisa mulai terealisasi dalam beberapa tahun terakhir.

Cak Imin Titipkan 8 Agenda Perubahan ke Prabowo-Gibran, Apa Saja?

"Ini IKN aja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itu pun yang investasi baru dalam bentuk janji. Belum ada yang melaksanakan," ujar Mahfud.

Selain soal rentang waktu 5 tahun yang diragukan cukup untuk membangun 40 kota selevel Jakarta, Mahfud juga mempertanyakan soal anggaran yang dibutuhkan dan dari mana pendanaannya.

Capres cawapres 03 Ganjar-Mahfud MD di debat cawapres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

"Lalu juga soal pembiayaannya. Menurut Pak Muhaimin, kalau nanti untuk 40 kota itu, pembiayaannya itu APBN atau APBD ataukah lembaga khusus seperti tadi ditanyakan oleh panelis melalui moderator?" kata Mahfud.

"Ini perlu dijawab dulu agar semusnya tidak spekulatif," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya