Seorang Prajurit TNI Tertembak dalam Kontak Tembak dengan KKB di Sugapa

VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)
Sumber :
  • Viva.co.id

Jayapura - Komandan TNI Komando Distrik Militer 1705/Nabire Letkol Inf Doni Firmansah mengakui seorang prajurit dari Yonif 330/TD yang sedang bertugas pengamanan di Kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin, 29 Januari 2024, tertembak saat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Saat pengamanan rapat Forkopimda Kabupaten Intan Jaya yang dipimpin Penjabat Bupati Intan Jaya, KKB melakukan penembakan hingga terjadi kontak tembak.

"Akibatnya, Praka Nur Fajar Fadli mengalami luka tembak dan kini sudah dievakuasi ke Timika," kata Komandan Kodim 1705/Nabire Letkol Inf Doni Firmansah di Jayapura, Papua, Senin, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Dihubungi dari Jayapura, Doni mengaku sedang berada di Nabire. "Saya sedang menghadiri rakor yang dilaksanakan Pemprov Papua Tengah di Nabire, silakan konfirmasi ke Kapolres Intan Jaya yang berada di Sugapa," katanya.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Secara terpisah, Kepala Polres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menjelaskan kontak tembak terjadi sekitar pukul 11.43 WIT saat anggota TNI-Polri yang sedang melakukan pengamanan di kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa saat rakor Forkopimda dalam rangka pembahasan pergeseran Patung Yesus dari Kabupaten Intan Jaya ke Kota Timika, Kabupaten Mimika.

Korban sebelum dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter sempat ditangani tim medis di Puskesmas Sugapa. Kondisi korban dilaporkan stabil, kata Afrizal Asri.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Photo :
  • Puspen TNI

Pada 19 Januari, KKB melakukan penyerangan dengan menembaki pos TNI-Polri yang ada di Distrik Sugapa hingga menyebabkan seorang perseonel Brimob meninggal dunia. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya