Klaim Sudah Banyak Kecurangan Pemilu, Megawati: Eh KPU dan Bawaslu Ke Mana Kamu?

Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Dokumentasi PDIP

Jakarta – Ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengklaim bahwa saat ini sudah banyak kecurangan jelang pencoblosan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Maka itu, Megawati mempertanyakan posisi Bawaslu dan KPU jelang kontestasi demokrasi tersebut.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Megawati menyampaikan hal itu ketika dirinya diberi kesempatan untuk pidato di hadapan ribuan masa yang hadir dalam kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Acara itu digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu 3 Februari 2024.

"Ibu liat di tempat coblos-coblos hati-hati kecurangan lho sekarang sudah pusing lho,” ujar Megawati di GBK, Sabtu 3 Februari.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

"Eh KPU, eh Bawaslu ke mana kamu? Ke mana kamu? Namanya keren badan pakai pengawas-pengawas tapi yang diawasi siapa?," lanjutnya.

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Kemudian, Megawati menjelaskan bahwa dalam kondisi saat ini dirinya sudah pernah melaluinya. Maka itu, ia ingatkan aparat penegak hukum (APH) untuk bersikap netral dan tak melakukan intimidasi.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI

Photo :
  • Istimewa

"Saya bilang, ia tapi kalau para jenderal enggak berani ngelawan di depan situ yang disuruh keroco-keroconya makanya kasian dia, dirangkul aja. Pak enggak usah ngomong keras keras pak, kuping kita juga dengar kok, bapak kau minum gak? Kasian lho, disini ada polisi enggak? Berani apa enggak," tegas Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya