Bamsoet Ucapkan Selamat kepada Prabowo dan Gibran yang Unggul versi Quick Count

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka yang unggul sementara dalam perolehan suara berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Dia mengatakan pasangan Prabowo-Gibran harus mulai mempersiapkan diri menjalankan berbagai program kerja unggulan yang selama ini telah dijanjikan, di antaranya makan siang dan susu gratis untuk para pelajar maupun santri di pondok pesantren, menjamin keamanan pangan untuk rakyat, hingga melanjutkan program hilirisasi dan JKN.

"Prabowo dan Gibran sudah berpengalaman di pemerintahan pusat dan daerah. Keduanya juga sudah teruji dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan," kata Bamsoet dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis, 15 Februari 2024.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Dia juga mengajak Prabowo-Gibran agar bisa merangkul para kandidat lainnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan juga merangkul partai politik pendukungnya. Dengan begitu, mereka bergotong royong melaksanakan berbagai program pembangunan.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

"Dengan merangkul seperti yang pernah dilakukan Pak Jokowi, suasana kebangsaan akan tetap kondusif seperti lima tahun terakhir ini," ucap dia.

Dia mengatakan merangkul bukan berarti meniadakan oposisi, melainkan mengedepankan dialog dan gotong royong dalam melaksanakan pembangunan dan mengatasi berbagai persoalan di baliknya. "Itulah makna dari bertanding untuk bersanding," tutur dia.

Sejauh ini pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul berdasarkan total surat suara yang sudah masuk ke penghitungan atau real count KPU RI mencapai 41,01 persen.

Pemilu/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Berdasarkan web pemilu2024.kpu.go.id, Kamis, data per pukul 09.00.20 WIB jumlah suara yang masuk sebanyak 337.602 TPS dari 823.236 TPS atau 41,01 persen.

Berikut hasilnya yang disusun berdasarkan nomor urut pasangan capres/cawapres Pemilu 2024:

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 24,55 persen atau 5.459.425 suara;
2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 56,11 persen atau 12.476.925 suara;
3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,34 persen atau 4.300.835 suara.

Sementara itu, Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 sejauh ini dipimpin keunggulan PDI Perjuangan dengan perolehan suara sebesar 17,68 persen, berdasarkan penghitungan sementara KPU RI atau real count per Kamis, pukul 12.01 WIB.
 
Berikutnya, posisi kedua ditempati oleh Partai Golkar dengan perolehan suara sebesar 13,07 persen, lalu diikuti dengan Partai Gerindra dengan suara 12,02 persen di posisi ketiga, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan suara sebesar 10,43 persen di urutan keempat.
 
Selanjutnya, posisi kelima diduduki oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan suara sebesar 8,52 persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya