Ini Deretan Figur yang Masuk Bursa Bakal Cagub Kalteng 2024

Pemungutan suara atau pencoblosan di Pilkada. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Meski masih hitungan beberapa bulan lagi, perhelatan Plkada 2024 sudah menyedot perhatian. Salah satu provinsi yang akan menggelar pilkada untuk pemilihan gubernur atau pilgub adalah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Sejumlah nama bermunculan digadang-gadang bakal maju sebagai bakal cagub Kalteng. CEO Kaltengpedia Ahmad Hady Surya menjelaskan, beberapa nama dijagokan maju pada November mendatang untuk bersaing berebut kursi Kalteng-1.

Dia menuturkan pihaknya sengaja memunculkan figur kuat agar masyarakat bisa melihat track record atau rekam jejaknya sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Kalteng 2024.

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

“Kalau saya melihatnya bagus ya. Kenapa nama-nama itu perlu dimunculkan? Agar nanti masyarakat atau warga Kalteng bisa melihat dan menilai track record dari tokoh-tokoh itu. Apakah layak didukung atau tidak. Ini yang penting," kata Hady, Jumat 1 Maret 2024.

Ilustrasi Pilkada 2020.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Hady menjelaskan, Provinsi Kalteng perlu tokoh yang punya pandangan visioner. Menurut dia, apa yang akan dilakukan pemimpin selanjutnya akan berpengaruh untuk kemajuan Kalteng.

“Oleh karena itu, munculnya nama-nama itu menurut saya bagus jauh-jauh hari agar masyarakat tidak memilih kucing dalam karung,” jelas Hady.

Namun, ia menuturkan belum bisa memprediksi siapa saja figur yang akan maju dan diusung partai politik di Pilkada Kalteng 2024. Alasan dia karena elektabilitas tokoh yang digadang jadi bakal cagub yang muncul di publik belum begitu terlihat.

“Untuk maju dan menang kan butuh elektabilitas. Itu muncul dari dukungan publik kepada para kandidat itu," tuturnya.

Dia menyebut untuk hari ini semua masih punya peluang yang sama. Namun, standar atau parameter ukurannya elektabilitas. "Sekarang siapapun masih bisa berpeluang untuk maju di Pilgub di 2024 nanti," ujar Hady.

Adapun nama bakal cagub Kalteng versi Kaltengpedia antara lain:

- Bupati Kotawaringin Timur dua periode 2010-2021 Supian Hadi alias SHD. SHD mengaku sudah siap maju di Pilgub Kalteng 2024.

- Ketua dewan pertimbangan partai Golkar Kalimantan Tengah, Abdul Razak. Golkar sudah mendeklarasikan Abdul Razak maju di Pilgub Kalteng.

- Bupati Barito Utara dua periode 2013-2023 sekaligus Ketua DPD Demokrat Kalteng, H. Nadalsyah. Koyem sapaannya sudah dapat mandat dari partainya untuk maju di Pilgub Kalteng serta mencari wakil gubernur.

- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (2021-2024) dan Bupati Pulang Pisau dua periode (2013-2021) H. Edy Pratowo.

- CEO Kalteng Putra sekaligus anggota DPR RI periode 2019-2024 H. Agustiar Sabran.

- Politikus partai Nasdem Kalimantan Tengah Andina Teresia Narang.

- Bupati Murung Raya dua periode (2013-2023) Perdie M Yoseph.

- Anggota DPR RI periode 2010-2015, Rahmat Nasution Hamka.

- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah periode 2016-2021, sekaligus Ketua DPW PKB Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya.

- Ketua Asosiasi Cangkang Sawit Indonesia, Diki Akhmar.

Hady menuturkan Kaltengpedia akan menyampaikan pendapat, gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan saat musim pemilu. Ia berharap pihaknya juga bisa jadi sumber informasi seputar politik di Kalimantan Tengah.

Kata dia, kaltengpedia juga beberapa kali melakikan survei nama nama calon DPR RI, DPRD Provinsi, DPD dan DPRD Kota/Kabupaten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya