Nasdem Tunggu Hasil Resmi Rekapitulasi KPU Baru Bicara Hak Angket

Politikus Nasdem Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Fraksi Partai Nasdem DPR RI, memastikan pihaknya akan tetap menggulirkan hak angket terkait pelaksanaan Pemilu 2024. Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto mengatakan hak angket baru akan digulirkan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan secara resmi pemenang Pemilu 2024 pada 20 Maret nanti.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

"Setelah 20 Maret, kami menghormati penghitungan KPU. Tolong digarisbawahi, tanpa PDIP, Nasdem akan mengambil jalan atau akan angket, per tanggal 21 Maret dengan bukti empirik secara hukum," kata Sugeng kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Maret 2024. 

Sugeng melanjutkan, syarat jumlah anggota yang mengajukan hak angket minimal adalah 25 orang dari berbagai fraksi. Dia pun dengan syarat tersebut, maka hak angket bisa digulirkan dengan partai Koalisi Perubahan saja. Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar terdiri dari Nasdem, PKS dan PKB.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

"25 orang kan cukup, kami dengan PKS, kami dengan PKB saja sudah cukup," jelasnya. 

Lebih lanjut, Sugeng meminta agar hak angket ini tidak dijadikan momok dan anggapan bahwa Koalisi Perubahan tak menerima kekalahan pasangan capres-cawapres yang mereka usung di Pilpres 2024.

Kelakar Idris Masuk Bursa Bakal Cagub Jabar: Siapa yang Melamar, Harus Bayar Saya

"Angket ini adalah jalan politik. Jangan angket (dijadikan) sebuah momok seolah kita tidak menerima orang karena orang kalah," jelasnya.

Supian Suri datangi DPD PAN Depok serahkan formulir

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN Depok, Ada Apa?

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024