Ganjar Siap Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK: Besok atau Lusa

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Usai Berbuka Puasa Bersama di Posko Pemenangan di Jalan Teuku Umar nomor 9
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengaku sudah siap menggugat hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ganjar menyebut seluruh tim hukum pendukung kubu 03 sudah menyiapkan untuk mendaftar ke MK

MK Siapkan Tukang Pijat hingga Vitamin untuk Hakim Selama Sidang Sengketa Pileg 2024

"Maka setelah pengumuman tadi malam, tim Ganjar-Mahfud sudah bersepakat, kalaulah semuanya ini harus diluruskan agar demokrasi bisa berjalan baik, maka benteng terakhirnya adalah Mahkamah Konstitusi," kata Ganjar di Jakarta Pusat, Kamis, 21 Maret 2024.

Dia bilang pendaftaran gugatan ke MK itu antara Jumat besok atau Sabtu lusa. Pendaftaran sudah disiapkan tim hukum.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

"Dan kami sudah menyiapkan tim dari tim hukum untuk kita segera mendaftarkan apakah besok atau Sabtu untuk segera kita menyampaikan seluruh yang ada yang kami persiapkan untuk menjadi pertimbangan hakim MK nantinya," kata Ganjar.

Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Ia berharap agar MK menunjukkan kredibilitasnya dalam menghadapi sengketa Pemilu 2024. Kata dia, kubu 03 sudah menyiapkan seluruh bukti-bukti dugaan pelanggaran Pemilu 2024.

Ganjar menilai banyak masyarakat meragukan kredibilitas MK saat putusan batas usia calon Presiden dan calon Wakil Presiden. Maka itu, Ganjar berharap agar sengketa Pemilu 2024 dapat berjalan sesuai dengan demokrasi yang baik.

"Saya kira ini momentum yang sangat bagus kepada majelis hakim yang nanti ada di MK untuk menunjukkan kredibilitasnya," lanjut Ganjar.

"Setelah dulu ada putusan MKMK, setelah juga kita melihat penyelenggara mendapatkan hukuman etik, maka tentu saja kita harus mengembalikan kredibilitas demokrasi kita menjadi ini jauh lebih baik," tutur Ganjar.

Sebelumnya, pasangan capres cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. Duet yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu menang berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional oleh KPU.

Hasil rekapitulasi itu diumumkan langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, pada Rabu malam, 20 Maret 2024.

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara Nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Dari rekapitulasi hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Kemudian disusul pasangan nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua.

Anies dan Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya