Investasi Bidang Digital Jadi Salah Satu Penyelamat Ekonomi Indonesia

Kepala BKPM, Thomas Trikasih Lembong
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong menyebutkan, investasi pada bidang pariwisata mengalami penurunan secara internasional di 2018. Di mana, investasi nasional turun 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pusat Data Baru Dibangun di Kota Jakarta

"Tapi, meskipun investasi pariwisata turun, arus investasi di bidang ekonomi digital ke Indonesia masih cukup kencang," katanya di acara Regional Investment Forum (RIF) ICE BSD, Tangerang, Senin, 11 Maret 2019.

Arus modal ke sektor tersebut, sama sekali tidak mengalami tren penurunan ataupun peningkatan di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melemah.

Sinyal Baik Industri Internet di Indonesia menuju Arah yang Benar

Bahkan, disebut sebagai salah satu bidang penyelamat investasi di Indonesia khususnya startup di mana, terdata untuk di Indonesia terdapat 2.070 perusahaan rintisan.

"Khusus arus modal di ekonomi digital ke Indonesia masih kencang atau bisa dibilang stabil, kami tidak melihat trennya menurun atau melemah. Ini dibandingkan dengan tren pertumbuhan ekonomi global, yang semua kawasan mulai dari Eropa, Tiongkok, dan AS, semua menurunkan target pertumbuhan ekonominya," ungkapnya.

Pemerintah Kantongi Rp 22,179 Triliun dari Pajak Digital

Pihaknya juga memperkirakan transaksi ekonomi digital Indonesia mencapai US$130 miliar dolar AS pada 2020.
 

LD FEB UI merilis hasil studi komprehensif

Hasil Studi Lembaga Demografi FEB UI Ungkap Dampak Penetrasi Internet untuk Ekonomi Digital

Studi yang dilaksanakan selama periode kuarter 3 tahun 2023 hingga kuarter 1 tahun 2024 ini menggabungkan metodologi kuantitatif dan kualitatif.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024