Kompensasi Bagi Penumpang Kereta yang Terdampak Anjloknya KA Pandalungan

KA Pandalungan anjlok.
Sumber :
  • Antara.

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan, kompensasi kepada para penumpang yang terdampak kejadian anjloknya KA Pandalungan (KA 75) Relasi Gambir-Surabaya-Jember di Stasiun Tanggulangin.

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, hingga data Minggu sore, 14 Januari 2024 terdapat 8 perjalanan KA yang mengalami pola operasi memutar melalui rute lintas Bangil-Kertosono. 

“Atas keterlambatan tersebut, KAI mohon maaf kepada para penumpang yang pada hari ini mengalami kekurangnyamanan. Mengantisipasi adanya keterlambatan akibat pola operasi memutar, KAI sudah mempersiapkan kompensasi berupa service recovery sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Joni dalam keterangannya Minggu, 14 Januari 2024.

Nama Ayah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Muncul di Sidang Gratifikasi-TPPU Gazalba Saleh, Apa Perannya?

KA Pandalungan anjlok.

Photo :
  • Antara.

Joni mengatakan, dalam pemberian kompensasi kepada penumpang terdampak kejadian ini, KAI mematuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api, menyatakan kompensasi keterlambatan KA antarkota. 

Cocok Buat Keluarga, Ini Bedanya Restoran Hotpot A La Carte dan All You Can Eat

Dia menjelaskan, hal itu di antaranya untuk keterlambatan keberangkatan kereta api lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Kemudian jika tidak membatalkan tiket, maka akan diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam, serta diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam.

Namun, apabila kereta api antarkota terlambat datang di stasiun tujuan, maka penumpang mendapatkan makanan dan minuman ringan pada jam ketiga keterlambatan. Lalu, makanan dan minuman berat pada jam kelima keterlambatan.

“Guna mempercepat proses evakuasi sarana yang terdampak, KAI telah mendatangkan Tim Penolong dari Surabaya, Malang dan Solo. Selain itu, juga telah disiapkan Tim Prasarana yang akan bekerja memperbaiki jalur rel yang berada di lokasi kejadian, setelah proses evakuasi sarana telah selesai, " imbuhnya.

Jelang Cuti Bersama, 83 Ribu Tiket Kereta Api Telah Terjual.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Adapun daftar perjalanan yang mengalami pola operasi melalui lintas Bangil-Malang-Kertosono diantaranya sebagai berikut :

1. KA Plb 114BW1 (KA RANGGAJATI) Relasi Jember-Surabaya Gubeng-Cirebon.

2. KA PLB 190BW1 (Sebagai KA LOGAWA) Lintas Relasi Jember-Surabaya Gubeng-Purwokerto.

3. KA PLB 83BW (KA ARJUNO) Lintas Surabaya Gubeng-Malang.

4. KA PLB 243BW2 (KA SRI TANJUNG) Relasi Lempuyangan-Surabaya Gubeng-Ketapang.

5. KA PLB 244BW1 ( KA SRI TANJUNG) Relasi Ketapang-Surabaya Gubeng-Lempuyangan.

6. KA PLB 187BW2 (KA LOGAWA)  Relasi Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember.

7. KA PLB 110BW1 (KA JAYABAYA) Relasi Malang-Surabaya-Jakarta.

8. KA PLB 113BW2 (KA RANGGAJATI) Relasi Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya