5 Adab Senyum Menurut Islam agar Berbuah Pahala

Ilustrasi tersenyum.
Ilustrasi tersenyum.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam ajaran agama Islam, senyum termasuk salah satu bentuk ibadah. Sebab senyum merupakan ciri kelembutan hati seseorang. Di samping itu, senyum juga menjadi tanda mulianya akhlak seorang Muslim. "Bayangkan kalau kita berjumpa dengan orang yang murah senyum, pasti hidup kita akan terasa jauh lebih nyaman," kata KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym, seperti dikutip dari kanal Youtube Aa Gym Daily Vlog.

Selain itu, Aa Gym juga mengatakan bahwa senyum merupakan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Kemudian senyum merupakan ibadah yang berpahala besar. Oleh karena itu, Aa Gym menjelaskan beberapa adab senyum dalam Islam yang juga dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Sebagai umat Islam, ada baiknya kita juga mengikuti adab tersebut.

1. Niatnya ikhlas

"Niat ikhlas itu adalah kita tersenyum karena ini dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam," kata Aa Gym. Karena Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun suka melihat orang yang tersenyum.

Orang tersenyum secara tidak langsung dapat membahagiakan orang lain. Begitu juga dengan tersenyum, menyebarkan kebaikan kepada orang lain.

2. Senyum