DPR Setujui Naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes untuk Perkuat Timnas Indonesia

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Jay Idzes
Sumber :
  • Instagram @erickthohir

Jakarta – Komisi X DPR RI resmi menyetujui proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, yakni Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Selanjutnya, persetujuan DPR soal naturalisasi Nathan dan Jay akan disahkan dalam paripurna.

Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyampaikan disetujuinya naturalisasi kedua pesepakbola itu untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Sdr Jay Noah Idzes dan Sdr Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, dengan catatan bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Hetifah membacakan hasil rapat Komisi X DPR bersama PSSI dan Kemenpora, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Ilustrasi Rapat Paripurna di DPR.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Diketahui, Nathan Tjoe-A-On saat ini berkarir bersama tim Divisi 2 Liga Inggris, Swansea City. Sebelumnya, dia rutin berkompetisi di Eredivisie bersama Excelsior Rotterdam.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Sementara, Jay Idzes berkostum tim Divisi 2 atau Serie B Liga Italia, Venezia. Jay sebelumnya sempat diragukan karena mengidap penyakit. Namun, pemain yang bisa memainkan posisi sebagai bek dan gelandang itu saat ini kondisinya sudah membaik.

"Komisi X DPR RI mendorong pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional," imbuhnya.

Dalam rapat kerja itu, hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Politikus Partai Golkar itu mempresentasikan profil Nathan dan Jay.

Dito Ariotedjo menjelaskan alasan kedua pemain tersebut akan dinaturalisasi. Dito mengatakan Nathan dan Jay dibutuhkan untuk memperkuat Timnas Indonesia

Dari Komisi III DPR juga menyetujui proses naturalisasi Nathan dan Jay. Selanjutnya, DPR akan mengesahkan persetujuan melalui paripurna yang dijadwakan dalam waktu dekat. Ada informasi, paripurna DPR persetujuan naturalisasi akan dilakukan pada Selasa besok.

PSSI sebelumnya beberapa kali menilai Nathan dan Jay bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia dengan pengalamannya di Eropa. Nathan dan Jay juga masih berusia muda, yakni 21 tahun dan 23 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya