Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam, Ujian Perdana Garuda Asia

Selebrasi gol para pemain Timnas Indonesia U-16
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmad Noto

VIVA – Tim nasional Indonesia U-16 berhadapan dengan Vietnam dalam pertandingan ketiga Grup A Piala AFF U-16. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis 2 Agustus 2018.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Bagi Timnas U-16, pertandingan ini ibarat ujian perdana. Karena Vietnam bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan.

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini, calon lawan anak asuhnya memiliki keunggulan karena mampu bermain cepat. Selain itu, Vietnam bermain dengan taktis.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Kemenangan 8-0 atas Filipina dan 2-1 saat menghadapi Myanmar tidak serta merta membuat Garuda Asia diunggulkan. Sebab, Vietnam juga mampu menyapu dua pertandingan sebelumnya dengan kemenangan.

“Berkaca pada dua pertandingan, kami akan lebih memperkuat lini pertahanan dan bagaimana bisa melakukan counter attack dengan cepat,” kata Fakhri, dikutip dari laman resmi PSSI.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Bagi Timnas U-16, melawan Vietnam tidaklah asing. Karena dalam beberapa waktu terakhir keduanya kerap saling berhadapan. Pertama pada ajang Tien Phong di Vietnam, dan Jenesys, Jepang.

Dalam analisanya, Fakhri menganggap Vietnam memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan Myanmar. Modal inilah yang coba dia manfaatkan.

Melihat Peluang Rotasi

Memetik dua kemenangan meyakinkan, Fakhri mencoba untuk melihat peluang melakukan rotasi dalam tim. Dia ingin pemain yang sudah turun sebelumnya mendapatkan waktu istirahat.

Akan tetapi, keputusan itu tidaklah final. Pelatih berusia 53 tahun tersebut masih menunggu hasil analisa kemampuan fisik anak asuhnya.

"Pemain yang sudah bermain di dua pertandingan sebelumnya akan saya istirahatkan. Tetapi tentu dengan menganalisa kondisi stamina dari pemain itu sendiri,” kata Fakhri.

Melihat catatan statistik Vietnam, rencana Fakhri untuk melakukan rotasi bisa dibilang berjudi. Sebab, Vietnam memiliki pertahanan yang kokoh.

Dari 11 peserta Piala AFF U-16 yang terbagi dalam dua grup, cuma Vietnam yang gawangnya belum pernah kebobolan sama sekali. Sedangkan Timnas U-16 butuh kemenangan ketiga untuk membuka peluang ke semifinal.

Vietnam Siap Melawan

Vietnam datang ke Piala AFF U-16 denga target meraih gelar juara. Skuat asuhan Vu Hong Viet diisi pemain-pemain yang memiliki bakat mumpuni.

Dalam dua pertandingan awal, mereka memetik kemenangan. Keunggulan tipis 1-0 diraih saat melawan Kamboja, lalu menang meyakinkan empat gol tanpa balas menghadapi Timor Leste.

Bagi Vu Hong, kemenangan atas Timor Leste merupakan modal penting bagi anak asuhnya. Kepercayaan diri mereka semakin tinggi jelang menghadapi Timnas U-16.

"Ini adalah kemenangan yang sangat berarti bagi kami. Secara keseluruhan saya puas dengan penampilan para pemain," kata Vu Hong, dikutip dari laman resmi AFF.

Lebih lanjut, Vu Hong berharap Ding Thanh Trung dan kawan-kawan bisa meningkatkan kualitas permainan. Mulai dari penyelesaian akhir hingga penciptaan peluang yang efektif.

"Saya yakin para pemain bisa menunjukkan performa yang lebih baik, dengan menambah kualitas penyelesaian akhir, dan penciptaan peluang," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya